KUA Sentolo Dampingi Kalibrasi Arah Kiblat Musholla Al Huda dan Nurul Hikmah

Kulon Progo (KUA Sentolo) – Kantor Urusan Agama Sentolo mengadakan kegiatan pendampingan pengukuran arah kiblat di Musholla Al Huda dan Masjid Nurul Hikmah Bantar Wetan Sentolo pada  Rabu (24/07/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh Takmir Musholla, Penyuluh Agama Islam dan pegawai KUA Sentolo, Samsudin, S.Ag., dan Sartono, beserta Tim dari Kankemenag Kulon Progo Tubiyatno dan Jian Nurcahyo dari Seksi Bimas Islam.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memastikan arah tempat sholat secara benar di musholla tersebut sudah sesuai dengan arah kiblat apakah belum. Pengukuran arah kiblat dilakukan dengan menggunakan metode kompas dan memanfaatkan fenomena matahari pada jalur kiblat dengan menggunakan bantuan software Mawaaqit 2001 dan teodolit.

Dalam sambutannya, Kepala KUA Sentolo, Wildan Isa Anshory, S.H.I., M.H., menyampaikan bahwa pengukuran arah kiblat merupakan hal yang penting bagi umat Islam. “Hal ini karena arah kiblat merupakan arah yang harus dituju ketika menunaikan ibadah sholat,”tuturnya.

“Arah kiblat yang benar sangatlah penting bagi umat Islam. Oleh karena itu, KUA Sentolo memiliki tugas dan tanggungjawab membantu para pengurus masjid dan mushola untuk memastikan arah kiblat tempat ibadah sudah sesuai,” imbuh Wildan.

Kegiatan ini disambut baik oleh Takmir musholla dan masjid setempat. Mereka mengucapkan terima kasih kepada KUA Sentolo atas bantuannya dalam pengukuran arah kiblat.

“Kami sangat berterima kasih kepada KUA Sentolo dan Kankemenag Kulon Progo atas bantuannya memfasilitasi layanan pengukuran arah kiblat. Dengan bantuan ini, kami yakin bahwa arah kiblat di mushola kami sudah sesuai,” ujar salah satu pengurus Takmir Masjid.

Kegiatan pendampingan pengukuran arah kiblat ini merupakan salah satu bentuk komitmen KUA Sentolo dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. KUA Sentolo siap membantu para pengurus masjid dan mushola di wilayahnya untuk memastikan arah kiblat di tempat ibadah mereka sudah sesuai . (Chol/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *