Kurnia Panca Dewi, Paparkan Kurikulum, Program SKS MandaKu pada Siswa Baru

 

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan Masa Orientasi Siswa (Matsama) untuk menyambut 240 peserta didik baru di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Unit 2 atau Kampus Pusat di Jalan Pahlwan Panjatan. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, Senin – Selasa, (15- 16/07/2024).

Matsama bertujuan untuk mengenalkan lingkungan madrasah, kurikulum, program kegiatan, dan peraturan sekolah kepada para siswa baru. Dalam kesempatan ini, Wakil Kepala Bidang Kurikulum MAN 2 Kulon Progo menyampaikan materi penting terkait kurikulum  MAN 2 Kulon Progo pada Selasa, (16/07/2024) siang.

Lebih lanjut Wakil Kepala Bidang Kurikulum, Kurnia Panca Dewi,  memaparkan MAN 2 Kulon Progo menggunakan Kurikulum Merdeka sesuai dengan KMA 450 yang di dalamnya ada muatan program keterampilan. Ini dirancang secara berimbang antara pendidikan umum dan pendidikan agama Islam.

Panca Dewi juga menjelaskan sebagai Madrasah Aliyah plus Keterampilan, MAN 2 Kulon Progo memiliki kekhasan dalam kurikulumnya, antara lain :

  • Kurikulum Setara SMA: Memiliki kesamaan dengan kurikulum SMA pada umumnya, dengan tambahan mata pelajaran bahasa Arab dan mata pelajaran agama yang lebih banyak, seperti Al-Quran dan Al-Hadist, Akidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.
  • Program Keterampilan: MAN 2 Kulon Progo menerapkan kurikulum SMK untuk program keterampilannya, dengan lima pilihan program: Agribisnis dan Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Tata Boga, Tata Busana, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Teknik Audio Video (TAV).
  • Sistem Kredit Semester (SKS): Memberikan fleksibilitas bagi siswa untuk menyelesaikan masa belajar dalam 2 tahun. Tahun 2024, 22 siswa MAN 2 Kulon Progo berhasil menyelesaikan studinya dalam 2 tahun, dan 14 siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur prestasi maupun ujian tulis. (gia/dpj)
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *