MATSAMA Hari Terakhir, MIN 3 Kulon Progo Gelar Outbond

Kulon Progo (MIN3KP) – MIN 3 Kulon Progo Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) diakhiri dengan  outbond di Mundu Bangurejo. Kegiatan pertama kali masuk sekolah untuk mengondisikan agar siswa baru merasa senang, nyaman, dan betah di madrasah. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala MIN 3 Kulon Progo, Raden Muh Agus Marchaban, S.Pd.I. saat apel pagi (17/7/2024).

“Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) diakhiri dengan  outbond di Mundu Bangurejo. Kegiatan pertama kali masuk sekolah untuk mengondisikan agar siswa baru merasa senang, nyaman, dan betah di madrasah,” ucapnya.

“Seluruh rangkaian kegiatan matsama didesain sedemikian rupa. Sehingga memberi pengalaman pertama di madrasah yang menyenangkan, membahagiakan, dan tidak menegangkan. Panitia Matsama membuat program yang bersifat edukatif, kreatif, dan menyenangkan,” lanjut Marchaban.

Jalan yang terjal dan berkelok-kelok menjulang tinggi tak menyurutkan semangat peserta Matsama untuk sampai ke Mundu. Terdengar suara keceriaan anak-anak yang menggema di atas puncak Mundu, walaupun keringat bercucuran di pipinya. Rasa bahagia yang bisa membuat pengalaman pertama yang sangat berkesan positif kepada siswa baru.

Acara dimulai dengan sesi ice-breaking di pagi hari dengan pemanasan. Kemudian diikuti dengan serangkaian aktivitas kolaboratif seperti permainan pindah bola, kempit balon, estafet karet, dan balap sarung.

Pembimbing kegiatan Kusmiyati, S.Pd.I. menyampaikan kerjasama tim dapat lebih mudah mencapai tujuan. “Kegiatan ini sangat membantu kami untuk lebih memahami kekuatan individu dalam tim. Dan bagaimana kami dapat saling bekerjasama mendukung untuk mencapai tujuan bersama,” ungkapnya.

“Saya rasa kegiatan ini akan memotivasi siswa konsentrasi saat menerima pelajaran nanti. Semua guru dekat dengan rekan-rekan kerja setelah ikut bersama kegiatan Matsama ini. Kami belajar untuk saling menghargai perbedaan dan bekerja secara lebih efektif sebagai satu keluarga di madrasah,” lanjut Kusmiyati.

Kegiatan outbond diakhiri dengan pembagian hadiah snack. Setiap peserta berkesempatan untuk berbagi dengan teman-temannya yang menjauhkan dari sifat bulliying/kekerasan. (myt/abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *