Penyuluh KUA Galur  Fasilitator Moderasi Beragama, Cegah Intoleransi dan Radikalisme

Kulon Progo (KUA Galur) – Penyuluh Agama Islam (PAI) Fungsional KUA Galur Burhanul Faruda,S.Ag menjadi fasilitator kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 1 Galur pada Kamis (18/07/2024)pagi. Kegiatan ini mengusung tema penting  Pencegahan Intoleransi dan Radikalisme.

Dalam materinya, Penyuluh Agama Islam KUA Galur menyampaikan tentang bahaya intoleransi dan radikalisme bagi generasi milenial. Ia menjelaskan bahwa kedua paham ini dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, serta memicu konflik dan kekerasan.

Penyuluh Agama Islam KUA Galur juga mengajak para siswa untuk menjadi agen moderasi beragama di lingkungan sekolah dan masyarakat. Ia menuturkan bahwa siswa dapat berperan aktif dalam mencegah penyebaran paham intoleransi dan radikalisme.

Menurut Burhan , “sebagai upaya pencegahan diantaranya dengan cara meningkatkan toleransi dan saling menghormati antar sesama, bersikap kritis terhadap informasi yang diterima, berani mengemukakan pendapat dan berdialog dengan terbuka, Berpartisipasi dalam kegiatan positif yang mempromosikan perdamaian dan toleransi,” ujarnya.

Selanjutnya dikesempatan lain Kepala KUA Galur H. Afwan Zuhdi, S.Ag., MA memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik kepada para siswa tentang bahaya intoleransi dan radikalisme, serta memotivasi mereka untuk menjadi agen moderasi beragama.

Kegiatan MPLS SMAN 1 Galur ini dihadiri oleh seluruh siswa baru angkatan 2024/2025, para guru, dan staf karyawan sekolah. Acara berlangsung dengan khidmat dan antusiasme yang tinggi dari para peserta. (rny/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *