KPAI Kota Yogyakarta Studi Implementasi Satuan Pendidikan Ramah Anak di MAN 2 Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 2 KP) –  Pada Senin (19/08/2024) pagi, MAN 2 Kulon Progo menerima Kunjungan Kerja dari Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Yogyakarta. Tim yang terdiri dari 16 orang tersebut disambut dengan hangat oleh jajaran pimpinan madrasah, termasuk Kepala MAN 2 Kulon Progo, Kepala Tata Usaha, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Bidang Sarana Prasarana, dan staf Wakil Kepala Bidang Humas. Pertemuan berlangsung di Theater Room Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo yang terletak di Jalan Pahlawan Panjatan-Wates.

Dalam sambutannya, Ketua KPAID Kota Yogyakarta, Sylvi Dewajani, M.Sc., Psikolog, menyampaikan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk belajar dan mendalami penerapan pemenuhan serta perlindungan hak anak di MAN 2 Kulon Progo, yang telah diakui sebagai Madrasah Ramah Anak. Ia juga menekankan bahwa Kota Yogyakarta saat ini sedang mengembangkan berbagai strategi untuk memastikan pemenuhan dan perlindungan hak anak secara komprehensif. Sylvi mengacu pada Pasal 28B Ayat (2) UUD 1945 yang menyatakan bahwa setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Upaya ini dilakukan KPAID Kota Yogyakarta dengan tujuan untuk memastikan bahwa hak anak di lingkungan satuan pendidikan berbasis agama, seperti madrasah, terpenuhi dalam suasana yang ramah, aman, dan nyaman untuk belajar,” ungkap Sylvi.

Menanggapi hal ini, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, menjelaskan secara detail mengenai pelaksanaan program Madrasah Ramah Anak di madrasah yang ia pimpin. Ia juga mengungkapkan kebanggaannya bahwa MAN 2 Kulon Progo berhasil meraih Juara 1 Sekolah/Madrasah Ramah Anak dan menerima piagam penghargaan yang diserahkan langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X. “Penghargaan ini dicapai melalui kerja keras dan proses yang panjang,” ujar Hartiningsih.

Selanjutnya, Farida Rahmawati, M.Pd, Wakil Kepala Bidang Kesiswaan sekaligus koordinator pelaksanaan Madrasah Ramah Anak MAN 2 Kulon Progo, memberikan contoh berbagai layanan yang disediakan untuk para siswa inklusi dan berkebutuhan khusus. Ia menjelaskan bahwa program ini memudahkan madrasah dalam memberikan layanan prima bidang pendidikan yang berkualitas bagi seluruh peserta didik.

Pertemuan ini diwarnai dengan dialog interaktif yang menarik, di mana kedua belah pihak saling berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam upaya pemenuhan dan perlindungan hak anak. Kunjungan kerja ini diharapkan dapat memperkuat kerjasama antara KPAI Kota Yogyakarta dan MAN 2 Kulon Progo dalam menciptakan lingkungan belajar yang semakin ramah anak.(gia/dpj)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *