KUA Wates Gandeng Stakeholder, pada Bimbingan Perkawinan Intensif

Kulon Progo (KUA Wates) – Kantor Urusan Agama (KUA) Wates kembali menggelar kegiatan bimbingan perkawinan yang bertujuan untuk membekali calon pengantin dengan pengetahuan dan keterampilan dalam membangun kehidupan  rumah tangga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Acara kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (27/08/2024) yang berlangsung meriah dan dihadiri oleh 32 peserta dari calon pengantin.

Sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pembekalan yang komprehensif, KUA Wates mengundang Panewu Kapanewon Wates Setiawan Tri Widada, S.Sos.,  untuk menjadi salah satu narasumber. Kehadiran beliau diharapkan dapat memberikan perspektif yang lebih luas dalam menyiapkan generasi berkualitas dan pencegahan stunting.

Dalam paparannya, Setiawan  menekankan pentingnya menjaga  pola hidup sehat, serta  komunikasi yang efektif, dan saling pengertian dalam membangun rumah tangga. Ia juga memberikan tips-tips praktis dalam penanganan pencegahan stunting, seperti memperhatikan gizi keluarga dan utamakan tidak merokok.

“Pernikahan bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga merupakan awal dari perjalanan panjang membangun keluarga yang harmonis. Oleh karena itu, pembekalan sebelum menikah sangatlah penting untuk dilakukan,” ujarnya.

Sedangkan materi mempersiapkan keluarga sakinah dan mengelola psikologi dinamika keluarga disampaikan oleh Marjuki, S.H.I., M.S.I. Sedangkan Pemenuhan Kebutuhan Keluarga disampaikan oleh Burhanudin, S.H.

Para peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Salah satu peserta Risma mengungkapkan “Saya merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini. Banyak hal baru yang saya dapatkan, terutama tentang bagaimana merencanakan dan mengelola keluarga sakinah dalam rumah tangga,” ujarnya.

Kepala KUA Wates, Marjuki, S.H.I., M.S.I., menyampaikan harapannya agar kegiatan bimbingan perkawinan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi  calon pengantin. “Kami berharap para peserta dapat menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam bekal kehidupan berumah tangga mereka kelak,” ungkapnya.(lua/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *