Siswa MIM Kenteng Belajar Nirmana Bersama KKN UST

Kulon Progo (MIM Kenteng) –Mahasiswa UST memberikan cara dan teknik berkarya dengan Nirmana kepada siswa MIM Kenteng. Kegiatan tersebut sebagai upaya meningkatkan kreativitas siswa madrasah dalam berkarya. Kegiatan ini dilaksanakan  pada  Senin (12/8/2024) di ruang kelas V madrasah.

Kepala Madrasah, Rujito, S.Pd.I. M.Pd. mengapresiasi kegiatan siswa bersama KKN UST. “Terima kasih kepada rekan mahasiswa yang sudah memberikan kegiatan nirmana bersama siswa-siswi. Salah satu manfaat berkarya adalah meningkatkan daya seni pada otak kanan,” ungkap Kamad.

Guru MIM Kenteng, Rizco Ardian Saputro, M.Pd. menyampaikan kegiatan program kerja nirmana dari mahasiswa. “Mahasiswa KKN UST ini beranggotakan 3 personil, di antaranya Muhammad Refki, Renny Nuraida, dan Fathul Manan. Pengenalan teknik nirmana dijelaskan dengan tampilan PPT LCD proyektor. Siswa-siswi melanjutkan materi dengan praktik bersama membuat nirmana,” ungkap Rizco.

Mahasiswa UST, Muhammad Refki menyampaikan materi kepada siswa-siswi  kelas V dan VI. “Nirmana adalah sesuatu yang mulanya tidak memiliki bentuk /makna. Lalu bisa diolah menjadi karya rupa melalui pengolahan unsur-unsur berdasarkan asas dan prinsipnya. Nirmana juga diartikan sebagai hasil imajinasi dalam bentuk 3D dan 2D yang memiliki nilai keindahan,” jelas Refki.

“Tujuan utama dari nirmana adalah untuk membantu desainer, memahami bagaimana elemen-elemen ini dapat diatur untuk menciptakan karya yang harmonis dan estetis. Pada paraktik ini menggunakan pola garis vertikal dan horizontal yang diberi perekat untuk menempelkan butiran pasir sebagai karyanya,” tambah Refki.

Siswa kelas V, Zahra Primayanti ikut aktif dalam kegiatan nirmana. “ Saya dan teman-teman membuat nirmana dari garis dan butiran pasir. Hasilnya sangat indah dan estetik. Sekaligus bisa untuk hiasan dinding di kelas. Terima kasih kakak-kakak mahasiswa KKN UST untuk ilmu seninya,” ungkap Zahra. (ras/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *