Siswa MTsN 5 Kulon Progo Asah Kreativitas dengan Anyam Iratan Bambu

Kulon Progo (MTsN5KP) – Dalam rangka proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil Alamin (P5P2RA) dengan tema kewirausahaan, siswa kelas 7 MTsN 5 Kulon Progo dengan telaten menganyam bambu menjadi berbagai produk kerajinan tangan. Kegiatan dilaksanakan di ruang keterampilan madrasah setempat pada Jumat (09/08/2024) pagi.

Koordinator proyek P5P2RA, Rofiatul Khakimah, S.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk melatih kesabaran dan ketelitian siswa. “Kegiatan ini bukan hanya sekedar membuat kerajinan tangan, tetapi juga melatih kesabaran dan ketelitian siswa. Mereka belajar bahwa setiap proses memiliki nilai yang penting untuk menghasilkan produk yang berkualitas,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rofi memaparkan proses pembuatan iratan bambu. “Dimulai dengan pemilihan bambu yang berkualitas, bambu-bambu segar kemudian dibelah dan diiris tipis-tipis. Setelah itu, siswa diajarkan teknik menganyam yang benar agar menghasilkan produk yang rapi dan kuat,” imbuhnya.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menumbuhkan jiwa wirausaha sejak dini. Dengan membuat produk sendiri, siswa diharapkan dapat berpikir kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk-produk baru,” pungkasnya. (mjp/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *