Siswa MTsN 6 Kulon Progo Antusias Ikuti Upacara Peringatan HUT RI Ke-79

Kulon Progo (MTsN6KP) – Semangat kebangsaan terlihat jelas pada siswa-siswi MTsN 6 Kulon Progo saat seluruh siswa dan guru dengan antusias mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-79. Kegiatan yang berlangsung di lapangan Klampok Kapanewon Galur, Sabtu 17 Agustus 2024. Kegiatan ini menjadi momen berharga untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme di kalangan siswa.

Upacara dimulai pukul 09.00 WIB dengan prosesi penaikan bendera Merah Putih yang dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dari siswa-siswi SMAN 1 Galur, diiringi oleh lagu kebangsaan “Indonesia Raya,” prosesi berlangsung khidmat dan penuh kehormatan. Seluruh peserta upacara, berdiri dengan sikap sempurna, menunjukkan rasa hormat mereka terhadap bendera negara.

Kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S.Ag., M.S.I. mengungkapakan “Kami sangat bangga melihat antusiasme dan kedisiplinan para siswa dalam mengikuti upacara HUT RI ke 79 di Kapanewon Galur. Partisipasi mereka bukan hanya menunjukkan kecintaan terhadap negara, tetapi juga menunjukkan bahwa pendidikan karakter yang kita tanamkan di sekolah telah membuahkan hasil yang positif. Semoga semangat ini terus terjaga dan menjadi modal bagi generasi muda untuk berkontribusi lebih besar bagi bangsa dan negara,” ujar Riza.

Setelah upacara penaikan bendera yang diikuti oleh siswa kelas VIII dan IX MTsN 6 Kulon Progo didampingi oleh bapak ibu guru dan pegawai kembali ke madrasah untuk melaksanakan mandatori Kanwil Kemenag DIY agar menyayikan lagu “Berkibarlah Bendera Negeriku”, karya Soedjarwoto atau Gombloh.

Pada sore harinya, dilaksanakan upacara penurunan bendera dengan prosesi yang tak kalah khidmat. Kembali, Paskibra menunjukkan ketangguhan dan kedisiplinan mereka dalam menjalankan tugas. Prosesi penurunan bendera menutup rangkaian peringatan HUT RI ke-79 diikuti oleh siswa kelas VII MTsN 6 Kulon Progo penuh kebanggaan dan didampingi oleh bapak ibu guru dan pegawai. (nhc/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *