Upacara HUT ke-79 RI di MAN 2 Kulon Progo: Momentum Penguatan Integritas dan Nasionalisme

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia . Puncak acara diadakan dengan berlangsungnya upacara bendera di halaman Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan Panjatan-Wates, pada Sabtu (17-08-2024) pagi.

Upacara yang diikuti oleh seluruh guru, pegawai, serta siswa-siswa kelas X, XI, dan XII ini berlangsung dengan penuh khidmat. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kepala MAN 2 Kulon Progo. Sementara itu, Kepala Tata Usaha bertugas menyerahkan Bendera Merah Putih kepada Pasukan Pengibar Bendera, yang merupakan anggota dari ekstra kurikuler Pleton Inti (Tonti). Mandaku Voice bertugas sebagai tim paduan suara dan tim PIKR PMR  sebagai petugas kesehatan.

Dalam amanatnya, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., membacakan sambutan resmi dari Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas. Menteri Agama menyampaikan ucapan selamat Hari Kemerdekaan kepada seluruh jajaran Kementerian Agama dan masyarakat Indonesia. Ia menegaskan pentingnya semangat persatuan dan kesatuan sebagai fondasi utama dalam membangun bangsa.

Menteri Agama juga mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dinikmati saat ini adalah hasil dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan, sehingga menjadi kewajiban bagi seluruh anak bangsa untuk menjaga dan meneruskan cita-cita kemerdekaan melalui kontribusi nyata di bidang masing-masing. Bagi ASN Kementerian Agama, HUT RI merupakan spirit untuk menjaga harmoni Indonesia, dengan melahirkan ide-ide besar dalam pelayanan kepada masyarakat, serta memastikan setiap kebijakan dan program menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Pidato tersebut juga menekankan pentingnya memperkuat integritas dan profesionalitas ASN dalam menjalankan tugas, dengan menjadikan nilai-nilai luhur agama dan Pancasila sebagai dasar dari setiap keputusan yang diambil. Selain itu, Menteri Agama juga menyoroti peran penting Kementerian Agama dalam memperkuat kerukunan umat beragama dan mewujudkan masyarakat yang harmonis dan toleran.

Prosesi pengibaran bendera Merah Putih yang dilakukan dengan amat baik dan dilaksanakan mirip dengan pengibaran bendera di Isyana presiden. Prosesi berawal dari penyerahan bendera oleh Kepala TU, Sudarwati, yang didampingi oleh beberapa Tim Manajemen MAN 2 Kulon Progo. Suasana khidmat dan nasionalisme tampak jelas sepanjang upacara, mengingatkan semua yang hadir akan pentingnya menjaga dan meneruskan semangat kemerdekaan untuk masa depan bangsa. (gia/dpj)

2 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *