Seminar Self-Leadership MandaKu: M. Riza Ajak Guru Pegawai Berdampak Positif untuk Pendidikan

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo mengadakan seminar bertajuk “The Essential Role of Self-Leadership – Mendorong Kualitas Kepemimpinan dari Berkemajuan” pada Kamis, (19/09/2024), di Aula Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan Panjatan. Acara ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, Abd Suud, S.Ag., M.SI., Pengawas MA, Ketua Komite, seluruh guru, dan pegawai MAN 2 Kulon Progo.

Dalam seminar tersebut, M. Riza Perdana Kusuma, seorang Profesional Practicioner Speaker, mengajak seluruh guru dan pegawai MAN 2 Kulon Progo untuk melakukan hal terbaik demi pendidikan di madrasah. Ia menekankan pentingnya memberikan dampak perubahan positif demi kemajuan MAN 2 Kulon Progo. “Salah satu kunci perubahan dan kemajuan MAN 2 Kulon Progo adalah guru dan pegawai. Mari tingkatkan kompetensi kepemimpinan diri (self-leadership),” ucap Riza. Menurutnya, setiap orang dapat menjadi pemimpin jika mampu menggerakkan, mempengaruhi, dan menginspirasi lingkungan sekitarnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa kepemimpinan diri dimulai dari mengenali potensi diri, mengeksplorasinya, dan menjadikannya sumber inspirasi bagi orang lain. “Seorang leader harus mampu mengarahkan, membantu orang lain melihat lebih jauh, dan membuat semua orang sadar akan tantangan yang ada,” tambahnya.

Abd Suud, S.Ag., M.Si., Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, juga memberikan motivasi dalam sambutannya. Ia menegaskan bahwa madrasah bukan hanya tempat bekerja, tetapi rumah bagi guru dan pegawai. “Saat menjadi guru, itu adalah totalitas melaksanakan tugas di madrasah, yang efek positifnya adalah kebahagiaan. Guru tidak hanya sekadar agent of information tapi juga fasilitator dan jembatan ilmu,” jelasnya.

Abd Suud menginformasikan bahwa Kanwil Kemenag DIY sedang mengupayakan adanya surat pendamping ijazah yang menerangkan karakter, kompetensi, dan prestasi siswa. Abd Suud juga mengapresiasi MAN 2 Kulon Progo kegiatan seminar kepemimpinan diri tersebut. “Saya mengapresiasi pelaksanaan seminar ini. Dengan seminar ini para guru dan pegawai pasti akan mampu meningkatkan kemampuan kepemimpinan diri, dan memberikan dampak perubahan.” Tuturnya.

Sebelum memberikan sambutan, Abd Suud mengukuhkan empar guru dan pegawai sebagai agen perubahan MAN 2 Kulon Progo, yaitu Dra. Siti Muslimah, M.Pd (bidang pendidikan karakter), Dwi Rina Yuniati, S.Si (bidang literasi), Maristesa Harsal, S.Pd (bidang mercusuar dan prestasi), dan Fahri Alfiansyah, A.Md.Kom (bidang pelayanan public).

Sebelumnya, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., dalam sambutannya menyampaikan bahwa seminar ini merupakan salah satu upaya untuk memotivasi guru dan pegawai agar bangkit lebih baik dari sebelumnya. “Saya mengajak kita semua untuk menyimak dengan seksama materi yang disampaikan dan bangkit bersama, lebih baik dari sebelumnya,” ujarnya dengan semangat. Seminar ini berlangsung interaktif dengan banyaknya pertanyaan dan tanggapan dari peserta. Antusiasme para guru dan pegawai MAN 2 Kulon Progo menunjukkan betapa pentingnya peran kepemimpinan diri dalam meningkatkan kualitas pendidikan di madrasah. (gia/dpj)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *