DPL Monitoring Mahasiswa PLP UIN Sunan Kalijaga di Kankemenag Kulon Progo

Kulon Progo (Kankemenag) – Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan kunjungan ke Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Kulon Progo. Kunjungan dilakukan untuk melakukan monitoring mahasiswa yang sedang menjalani Program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP). Kunjungan monitoring dilakukan Dosen Pembimbing Lapangan, Heru Sulistya, M.Pd. di kantor setempat, Senin (7/10/2024) pagi.

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan proses pembelajaran di lapangan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Serta memberikan bimbingan kepada para mahasiswa terkait tugas-tugas yang mereka laksanakan di lingkungan Kankemenag Kulon Progo.

Heru Sulistya menegaskan pentingnya peran pembimbing dalam memastikan kualitas pengalaman lapangan yang diperoleh mahasiswa. “Kunjungan ini merupakan bagian dari tanggung jawab kami sebagai Dosen Pembimbing Lapangan. Yakni untuk memastikan mahasiswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang komprehensif selama PLP. Selain itu, kami juga ingin melihat bagaimana mereka beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya,” ujar Heru.

Mahasiswa PLP yang ditempatkan di Kankemenag Kulon Progo telah diberikan berbagai tugas yang relevan dengan bidang studi mereka. Terutama dalam pelayanan masyarakat di bidang keagamaan. Salah satu mahasiswa PLP, Arief Mardika Ruliawan mengungkapkan bahwa pengalaman ini sangat berharga. Karena ia dapat mengaplikasikan teori yang diperoleh di bangku kuliah ke dalam praktik nyata di lapangan.

“Ini menjadi pengalaman yang sangat bermanfaat. Saya bisa melihat dan merasakan langsung bagaimana proses pelayanan keagamaan berjalan. Terutama dalam membantu masyarakat,” kata Arief.

Program PLP ini diharapkan dapat memberikan dampak positif baik bagi mahasiswa UIN Sunan Kalijaga maupun bagi Kankemenag Kulon Progo sebagai instansi yang menjadi tempat pengabdian mereka. Mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan praktis tetapi juga berkontribusi pada peningkatan pelayanan masyarakat di bidang keagamaan.

Dengan bimbingan yang tepat dari DPL dan kerja sama yang baik antara mahasiswa dan pihak Kankemenag, diharapkan program ini dapat terus berlanjut dan semakin mempererat hubungan antara lembaga pendidikan dan instansi pemerintahan.

Dalam kesempatan kunjungan monitoring ini Heru Sulistya dan Arief Mardyka Ruliawan berkesempatan melakukan simulasi layanan yang ada di Kankemenag Kulon Progo. (bgg/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *