MAN 3 Kulon Progo Ikut Semarakkan Expo Kemandirian Pesantren di UIN Sunan Kalijaga

Yogyakarta (MAN3KP) – MAN 3 Kulon Progo ikut berpartisipasi aktif dalam Expo Kemandirian Pondok Pesantren 2024 yang dilaksanakan se-Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan berlangsung selama 3 hari, Rabu (16/10/2024) hingga Jum’at (18/10/2024) bertempat di halaman Poliklinik Pratama, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Peserta expo kemandirian sebanyak 40 lembaga yang terdiri dari pondok pesantren, madrasah Aliyah, organisasi LSM, KUA, dan UIN Sunan Kalijaga. Kegiatan digelar oleh Kanwil Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangka menyemarakkan Hari Santri 2024 dengan mengusung tema _Enpowering Knowledge, Shaping the Future._

MAN 3 Kulon Progo sebagai salah satu madrasah aliyah yang ikut dalam Expo tersebut memamerkan berbagai produk hasil keterampilan siswa siswi tata busana bimbingan Pujiastuti, S.Pd. seperti gamis, kebaya, blus, kaos shibori, kain ecoprint, totte bag ecoprint dan pandan, tempat tisu travel, masker, sajadah pandan dan lain-lain. Selain itu juga memamerkan hasil keterampilan TITL bimbingan Wagiyanto, S.Pd. seperti miniature listrik tenaga surya serta keterampilan multimedia yaitu beragam desain banner dan video profil madrasah. Disamping memamerkan hasil keterampilan yang ada di madrasah, MAN 3 Kulon Progo juga memamerkan beragam hasil olahan durian yang merupakan kearifan lokal di lingkungan madrasah seperti kulit durian krispi, pongge basreng, keripik bunga durian, geblek serta jamur crispy bimbingan Rini Dwi Astuti, S. Pd.T.

“Dalam kegiatan expo, tim kami membawa sejumlah produk hasil kreativitas anak-anak untuk dipamerkan. Harapan kami, semoga melalui produk-produk yang kami bawa ini mampu mengenalkan madrasah kami ke masyarakat luas dan dapat menginspirasi pengunjung”, ungkap Pujiastuti selaku korrdinator keterampilan di madrasah.

Syaefulani, S. Ag., M. Pd. selaku kepala madrasah menambahkan “Melalui kegiatan ini harapannya mampu menjadi motivasi bagi kami MAN 3 Kulon Progo untuk terus berkarya dan berinovasi melalui berbagai keterampilan yang ada di madrasah sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai salah satu madrasah plus keterampilan di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Imbuhnya.

Partisipasi MAN 3 Kulon Progo dalam Expo ini merupakan bukti nyata komitmen madrasah dalam mendukung acara yang memperkuat kerukunan dan memajukan pendidikan di lingkungan pesantren. Serta tentunya ikut menyemarakkan hari santri di tahun 2024 ini. Dengan berbagai pameran dan pertunjukan yang menarik, Expo Kemandirian Pondok Pesantren ini menjadi momen yang mengesankan dan mendidik bagi semua yang hadir. (fif/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *