Peringati Hari Santri 2024, MandaKu Salurkan Air Bersih ke Daerah Terdampak Kemarau Panjang

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo melaksanakan salah satu agenda dalam rangka Peringatan Hari Santri Tahun 2024 dengan menyalurkan bantuan air bersih ke daerah yang terdampak kemarau panjang dan mengalami kesulitan air bersih. Bantuan ini disalurkan di Dusun Krasak Ngesong, Giripurwo, dan Sonya Jatimulyo Girimulyo, yang terletak di puncak pegunungan Menoreh, pada Jumat, (18/10/2024).

Dalam tahap pertama, MAN 2 Kulon Progo mengirimkan 2 truk tangki air dari 10 truk yang direncanakan, untuk membantu warga yang mengalami kekeringan parah. Kedatangan tim dari MAN 2 Kulon Progo yang terdiri dari Wakil Kepala Bidang Humas Muhammad Nur Kholis, S.Ag., Wakil Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Ketua OSIS terpilih, Ketua organisasi keagamaan siswa Mandaku Islamic Youth (KMIY), serta beberapa guru pembina, disambut hangat oleh para tokoh setempat, termasuk Ketua RT dan tokoh masyarakat lainnya.

Menurut Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., kegiatan ini merupakan wujud kepedulian madrasah terhadap masyarakat yang terdampak bencana alam, khususnya di wilayah pegunungan Menoreh yang kerap mengalami kesulitan air bersih saat kemarau panjang. “Kami berharap bantuan ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat yang mengalami kekurangan air bersih. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari semangat Hari Santri, di mana kami diajak untuk lebih peduli dan berkontribusi pada masyarakat sekitar,” ujar Hartiningsih.

Wakil Kepala Bidang Humas, Muhammad Nur Kholis, S.Ag., juga menambahkan, “Kegiatan ini tidak hanya sebagai bentuk kepedulian sosial, tetapi juga sebagai media pembelajaran bagi para siswa tentang pentingnya berbagi dan peduli terhadap sesama. Melalui partisipasi langsung dalam kegiatan ini, kami berharap siswa MAN 2 Kulon Progo dapat mengasah empati dan semangat gotong royong.”

Puncak kegiatan Peringatan Hari Santri Tahun 2024 tingkat Kabupten Kulon Progo akan dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Santri yang diadakan bersama seluruh instansi di lingkungan Kementerian Agama Kulon Progo dan masyarakat pada Selasa, 22 Oktober 2024, di Alun-Alun Wates. (gia/dpj)

 

4 replies
  1. Faizul Humam
    Faizul Humam says:

    Kemarau panjang memang harus diupayakan solusinya yg terbaik. Sesuatu yg dilakukan MAN 2 Kulon Progo ini menunjukan sikap saling peduli bagi umat beragama. Barokallah. Aamiin

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *