PKKM 2024: Membidik Karakteristik Unggul MTsN 4 Kulon Progo

Kulon Progo (MTsN4KP) – Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) 2024 usai dilaksanakan Rabu (11/12/2024) di Ruang LAB IPA MTsN 4 Kulon Progo. Tim Penilai yang hadir yakni Barokatus Solikah, S.Ag., M.Pd., dan Khoiriyatun, S.Pd.,M.Sc. Tim yang hadir merupakan pengawas madrasah tingkat MTs/MA di bawah atap Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo. Penilaian kinerja kepala madrasah tersebut sedianya menjadi agenda rutin tahunan sebagai kontrol mutu pelayanan dan kualitas pendidikan yang diberikan di madrasah. Tahun ini menjadi tahun kedua bagi Nurhayanti, S.Pd., M.Sc. dinilai kinerjanya.

Dalam sambutannya, pengawas madrasah Barokatus Solikah menyampaikan hasil wawancara kepala madrasah serta pengamatannya selama dua tahun kepemimpinan Nurhayanti. “Saya telah mengikuti perjalanan beliau selama menjabat kepala madrasah. Madrasah dan komite solid bersinergi dalam berinovasi juga mengembangkan madrasah. Kepala madrasah memiliki program kerja yang membumi dan dapat dibuktikan dalam hasil kinerja nyata. Hal itu tentu tidak terlepas dari solidnya tim yang membantu kinerja kepala madrasah baik guru maupun tenaga kependidikan,” demikian isi sambutan yang disampaikan.

Barokatus Solikah juga menyoroti perkembangan publikasi di MTsN 4 Kulon Progo. “Bersyukur karena MTs ini memiliki kepala madrasah yang sangat memperhatikan pentingnya publikasi madrasah. Tim publikasi juga menjadi salah satu tim yang terus menciptakan kreasi maupun inovasi baru sehingga program-program bagus yang dimiliki juga dapat dikenal khalayak,” imbuhnya.

Sementara itu Khoiriyatun, S.Pd. M.Sc. Usai menilai dari komponen 4 dan 5 memberikan beberapa statemen. “Kami mencermati bagaimana program-program yang dirancang oleh kepala madrasah tertuang dalam Rencana Kerja Tahunan, Kontrak Prestasi, dan Bukti Hasil Prestasi yang diraih. Sebab penting bagi kepala madrasah untuk merancang program, memberikan fasilitas, baru kemudian mendorong warga madrasah untuk berkiprah dalam berbagai ajang prestasi,” jelasnya.

“Saya mendukung bahwa madrasah harus didukung untuk menemukan karakteristiknya sendiri sebagai pusat keunggulan yang harus digarisbawahi oleh kepala madrasah. Sehingga program-program yang disusun benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan minat pengguna layanan pendidikan di sini. Terbukti, sekian banyak prestasi baik regional maupun nasional, menjadikan madrasah ini terus berkembang dan maju,” demikian penegasan yang disampaikan pengawas yang juga mantan kepala madrasah tersebut.

Keduanya berharap bahwa program KKO, kewirausahaan, maupun bidang-bidang lainnya dapat terus dikembangkan sehingga madrasah akan semakin tumbuh dan dinamis tak tergerus oleh gelombang perubahan dan kompetisi yang terus bergulir di luar sana. (siw/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *