MIN 2 Kulon Progo Praktikum Pemanfaatan Energi Alternatif Gunakan Jeruk Lemon dan Kentang
Kulon Progo (MIN2KP) – Salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan adalah dengan mengembangkan potensi siswa dalam pembelajaran. Aspek yang mempengaruhi kualitas pendidikan di antaranya adalah cara belajar, model, dan metode pembelajaran. Hal tersebut menjadi penting, karena model dan metode pembelajaran yang benar dapat berdampak positif dalam menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas.
Berkaitan dengan hal tersebut guru kelas 5 MIN 2 Kulon Progo, Fitri Asmawati melaksanakan pembelajaran melalui praktikum pemanfaatan energi alternatif. Kegiatan dilaksanakan Jum’at (7/2/2025) di ruang kelas 5 MIN 2 Kulon Progo.
“Tujuan dari praktikum ini adalah agar suasana kelas dan pembelajaran menjadi nyaman, menarik, bermakna, dan tidak membosankan. Harapannya, dengan pembelajaran yang menarik tersebut dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa,” terangnya.
Dalam kegiatan praktik ini Fitri mengambil materi pada mata pelajaran IPAS sesuai dengan Capaian pembelajaran yang sedang dipelajari. Yakni Energi Alternatif dan Pemanfaatannya. Kegiatan dimulai dengan mempersiapkan lembar kerja kelompok, alat dan bahan yang terdiri dari kabel, penjepit buaya, paku, uang logam tembaga, lampu LED, cutter, jeruk lemon atau jeruk nipis, dan kentang. Pada akhir praktikum tiap kelompok mempresentasikan hasil kerjanya. Selanjutnya guru memberikan apresiasi dan penguatan di akhir pembelajaran.
Kepala MIN 2 Kulon Progo, Hartati, S.Pd.I., M.Pd. sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Hartati, kegiatan ini perlu dikembangkan. “Selain membuat siswa aktif dan kreatif, kegiatan praktikum ini dapat meningkatkan pengalaman belajar anak. Siswa tidak hanya mendapatkan teori, tetapi mempraktikkan langsung. Kegiatan ini juga dapat melatih siswa untuk bekerja sama dan saling menghargai,” ungkapnya.
Salah satu murid kelas 5, Naura Cinta Nadhifa mengaku sangat senang mengikuti kegiatan ini. Ia juga menyatakan bahwa dengan praktikum ini materi pembelajaran menjadi lebih jelas dan mudah dipahami. “Ini seru dan menyenangkan. Saya juga lebih paham dengan praktik dan mengerjakan langsung. Selain itu saya juga baru mengetahui jika jeruk lemon, jeruk nipis, dan kentang dapat digunakan untuk membuat listrik sederhana. Yakni untuk menyalakan lampu LED,” ujar Cinta. (fas/abi).
#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat
Leave a Reply
Want to join the discussion?Feel free to contribute!