Asesmen Sumatif Unik melalui Media Ular Tangga pada Mata Pelajaran IPS di MTsN 3 Kulon Progo

 

Kulon Progo (MTsN3KP) – Mata pelajaran IPS di MTsN 3 Kulon Progo, para murid disuguhi pengalaman belajar yang benar-benar menyenangkan (joyful learning) lewat metode asesmen sumatif yang unik: permainan ular tangga, Kamis, (09/10/2025). Dengan rasa semangat dan antusiasme tinggi, siswa dibagi dalam kelompok kecil, masing-masing menugaskan satu anggota sebagai “bidak” dalam permainan menjadi ujung tombak perjuangan kelompok menuju puncak papan permainan. Setiap langkah yang diambil membawa mereka pada soal-soal kreatif yang menguji pemahaman mereka tentang materi inti: Kondisi Geografis dan Pelestarian Sumber Daya Alam, dari letak Indonesia hingga pentingnya menjaga hutan dan laut.

Guru pengampu, Taufiq Andi Wibowo, yang menjadi perancang modul dan teknik asesmen ini, berhasil menciptakan kombinasi luar biasa antara edukasi dan hiburan. “Kunci utama belajar yang efektif adalah membuat siswa terlibat secara emosional,” ujarnya.

“Ketika mereka tertawa, berdiskusi, dan merasa ‘menang’ saat naik tangga, tanpa sadar mereka sedang menginternalisasi ilmu. Inilah yang saya sebut learning by doing dengan sentuhan keceriaan (joyful),” imbuh Taufiq.

Hasilnya tak mengecewakan. Belajar yang menyenangkan bukan hanya meningkatkan motivasi belajar tapi juga memperdalam pemahaman dan kerja sama tim.

Acara ini menjadi bukti bahwa assesmen tak harus kaku atau menakutkan. Dengan sedikit kreativitas, sebuah kelas IPS bisa berubah menjadi arena petualangan edukatif di mana setiap langkah ular tangga adalah satu langkah menuju pemahaman yang lebih dalam, serta komitmen kolektif pada pelestarian alam yang kita cintai. Dengan senyum lebar dan hati yang penuh semangat, para murid pulang bukan hanya membawa nilai, tapi juga pengalaman belajar yang tak terlupakan. (top/sap)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *