MAN 2 Kulon Progo Gelar Rakor Pengembangan KTSP

Kulon Progo (MAN2KP) – Dalam rangka menentukan arah laju perkembangan dan kemajuan madrasah, MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan Rakor Pengembangan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Tahun Pelajaran 2021/2022. Kegiatan tersebut menghadirkan reviewer KTSP Pengawas Madrasah, Kalimah,S.Ag.,M.A. Acara bertempat di Aula Kampus 2 Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu, Senin (14/6/2021).

Kalimah berpesan agar di dalam KTSP ditambahkan berbagai inovasi serta solusi. “Susunlah KTSP Madrasah setelah melakukan analisis mendalam tentang keadaan madrasah. Lihat kesenjangan antara kondisi ideal dan yang sebenarnya di madrasah. Buatlah berbagai inovasi serta solusi agar kenyataan menjadi ideal. Itulah inti dari analisis pengembangan KTSP,” ujarnya.

“Selain itu, mulailah menerapkan moderasi beragama dalam kegiatan pembelajaran di madrasah. Hal ini agar terhindar dari disintegrasi bangsa karena kesalahpahaman yang tidak diinginkan. Sehingga perlu dimasukan ke dalam KTSP Madrasah,” tambah Kalimah.

Senada dengan hal tersebut, Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd. mengatakan bahwa rapat tersebut untuk menentukan arah madrasah. “Berdasarkan peraturan yang ada, KTSP diamanatkan untuk disusun dan dikembangkan sesuai prinsip divergen. Menyesuaikan dengan kebutuhan madrasah masing-masing. Otonomi yang diberikan pemerintah harus kita gunakan dengan baik, berpijak dari KTSP sebelumnya, kita evaluasi bagian-bagian yang menjadi kekurangannya, kemudian diperbaiki. Sedangkan kelebihannya dipertahankan. Dengan demikian kita bisa mengambil sikap dan keputusan mau dibawa kemana, menggunakan strategi apa, tekniknya bagaimana MAN 2 Kulon Progo ini. Sehingga rapat ini sangat penting agar proses pembelajaran 2021/2022 lebih baik lagi,” tegas Aning, sapaan akrab Hartiningsih.

Tim Pengembang Kurikulum usai rakor diminta untuk bekerja sesuai dengan tanggung jawab pada bidang seksinya masing-masing. Seksi Kajian dan Kebijakan tersebut antara lain terdiri dari bidang Kesiswaan, Siaga Bencana, Kurikulum Darurat, Kurikulum, Keterampilan, Keagamaan, Boarding School, Sistem Kredit Semester, Adiwiyata,  BK dan Penghargaan, Literasi, serta Humas.

Ketua 2 Tim Pengembang Kurikulum MAN 2 Kulon Progo, Kurnia Panca Dewi, M.Si. berpesan agar seluruh seksi melakukan penyempurnaan program dan strategi. “Usai rakor ini diharapkan seluruh seksi melanjutkan penyempurnaan program dan strategi untuk lebih baik lagi. Hal ini juga harus disesuaikan dengan kondisi madrasah yang sebelumnya telah kita lakukan analisis dari berbagai sisi,” pintanya.

Adapun agenda pengembangan KTSP masih akan berlanjut pada Rabu (16/6/2021) dengan menghadirkan Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Anita Isdarmini, S.Pd.,M.Hum. Sedang Kamis (17/6/2021) dilanjutkan presentasi masing-masing seksi. Selasa (22/6/2021) uji publik KTSP. Selama rakor berlangsung, peserta tetap memperhatikan protokoler kesehatan. (pan/ast/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

3 replies
  1. Imam Muttaqien
    Imam Muttaqien says:

    Jangan pernah lelah berinovasi dan uodate kompetensi yg dibutuhkan baik untuk siswa yg melanjutkan maupun siswa yang siap untuk bekerja…🙏🙏

    Balas
  2. FARIDA RAHMAWATI
    FARIDA RAHMAWATI says:

    Semoga dengan adanya inovasi pengembangan kurikulum, MANDAKU makin maju dan berkembang pesat. Aamiin…

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *