Mandaku Borong Juara KSM Tingkat Kabupaten

Kulon Progo (MAN 2 KP) – MANDAKU kembali berhasil menyabet juara umum dalam Kompetisi Sains Madrasah Tahun 2022, Jumat (19/8/2022). Mereka adalah Salsabila Prima A (Juara I Biologi Terintegrasi), Annisa Ayu Muthi’ah (Juara I Fisika Terintegrasi). Ilma Kaifaturohmah (Juara I Kimia Terintegrasi), Muh Rizky Ariano (Juara I Ekonomi Terintegrasi), Dewi Rindiani (Harapan I Matematika Terintegrasi), M. Hilman Al Fawwas (Harapan II Geografi Terintegrasi), Eka Mukti Rahayu (Harapan III Biologi Terintegrasi), Salwa Arifatunnisa (Harapan III Matematika Terintegrasi) dan Melda Novita R (Kimia Terintegrasi). Pengumuman para juara KSM dapat diakses melalui link https://ksm.kemenag.go.id/web/pengumuman .

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan kompetisi sains yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Kementerian Agama meliputi jenjang SD/MI, SMP/Mts, SMA/MA. Tahun ini KSM diselenggarakan pada tanggal 13,14, dan 15 Agustus 2022 untuk tingkat Kota/Kabupaten.  Juara 1,2,3 tingkat Kota/Kabupaten lanjut ke babak berikutnya di tingkat Provinsi untuk menndapatkan juara 1 dan berhak mengikuti KSM tingkat nasional mewakili Provinsi masing-masing.

Penyelenggaraan KSM di Kabupaten Kulon Progo sendiri bertempat di MAN 2 Kulon Progo dan MAN 3 Kulon Progo dengan peserta baik dari tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA. Untuk tingkat SMA/MA KSM meliputi bidang mapel Fisika Terintegrasi,  Biologi Terintegrasi, Kimia Terintegrasi, Matematika Terintegrasi, Geografi Terintegrasi, dan Ekonomi Terintegrasi.

Salsabila, peraih medali emas bidang Biologi Terintegrasi menyampaikan rasa syukurnya, “Kemenangan ini belum berakhir, Masih ada satu babak lagi di tingkat provinsi yang harus dilewati untuk bisa masuk di tingkat nasional. Mohon doa, semoga bisa diberi kemudahan dan kelancaran di KSM tingkat provinsi nanti,” harapnya.

Hartiningsih, M.Pd., Kepala Madrasah MAN 2 Kulon Progo mengucapkan selamat kepada seluruh siswa tim KSM dan semua bapak ibu guru pembimbing atas prestasi yang diraih. “Alhamdulillah, ikhtiar yang dilakukan tanpa lelah berbuah hasil yang membanggakan. Pendampingan Bapak Ibu guru pembimbing yang dilakukan secara kontinue dan terprogram  serta perjuangan anak-anak tanpa lelah menjadi salah satu bagian dari kunci keberhasilan,” ujar Aning (nama akrab panggilan).

“Selain itu kami juga menekankan untuk selalu meminta petunjuk dan rida dari Allah serta kedua orang tua. Setiap sesi isama (istirahat, salat, makan), kami tekankan anak-anak untuk salat Zuhur berjamaah dan berdoa bersama dipandu guru agama Mandaku. Dengan demikian, anak secara mental akan lebih tenang,” imbuh Aning.

Selanjutnya tim KSM Mandaku masih terus lanjut pembimbingan untuk menyiapkan KSM tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada 10 September 2022 mendatang. “Mohon doanya semoga tim KSM kembali bisa mengulang kesuskesan meraih juara dan lolos tingkat nasional nanti,” pungkas Aning. (ang/ast/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *