Uji Publik KTSP, MAN 1 Kulon Progo Menuju Madrasah Keterampilan

Kulon Progo (MAN1KP) – Penguatan karakter siswa melalui peningkatan prestasi dan jiwa berwirausaha menyongsong legalitas MAN plus keterampilan adalah tema yang diusung pada acara uji publik KTSP MAN 1 Kulon Progo Tahun Pelajaran 2020/2021, Rabu (08/07/2020).

Madrasah sebagai satuan pendidikan menengah berciri khas agama Islam di bawah binaan Kementerian Agama mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan dengan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Dengan demikian, MAN 1 Kulon Progo menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). MAN 1 Kulon Progo sebagai madrasah plus keterampilan mempunyai beberapa jurusan yaitu elektronik, multimedia, dan tata busana.

Acara menghadirkan narasumber Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum.; praktisi pendidikan Dosen Prodi Manajeman Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, Dr. Subiyantoro, M. Ag.; dan Dr. Mohamad Agung Rokhimawan, M.Pd. Selain itu, turut hadir juga Pengawas Madrasah Kankemenag Kabupaten Kulon Progo, Hj. Kalimah, S.Ag., MA., ketua komite Drs. H. Pahid Mahmud Rais, dan Wali murid Sugeng Riyanto, S.Sos.

Kepala Madrasah, H. Edi Triyanto, S.Ag., S.Pd., M.Pd. dalam sambutannya mengharapkan MAN 1 Kulon Progo mampu menerapkan strategi yang akan diperoleh dari narasumber terkait dengan lulusan agar lolos ke Perguruan Tinggi Negeri yang khususnya UIN. Terkait dengan struktur pengembangan madrasah mengharapkan arahan dari narasumber Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Kanwil Kemenag DIY, Anita Isdarmini, S.Pd., M.Hum. “Kami datangkan langsung dari UIN dan mengharapkan kajian-kajian akademis supaya siswa-siswi madrasah aliyah bisa masuk ke UIN. Selain itu, struktur pengembangan madrasah kami mintakan arahan dari Kasi Kurikulum dan Kesiswaan yang nantinya kegiatan pembelajaran di madrasah ini merupakan bagian dari progam pengembangan pendidikan madrasah yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta,” jelas Edi.

Dalam paparan singkatnya Kasi Kurikulum dan Kesiswaan, Anita menyampaikan apresiasinya kepada MAN 1 Kulon Progo yang telah menyelesaikan draf KTSP. “Alhamdulillah saya ucapkan selamat untuk tim pengembang kurikulum yang telah menyelesaikan draf ini secara tuntas,” jelasnya.

Selaku Ketua Komite, Drs. H. Pahid Mahmud Rais juga menyampaikan bahwa rutinitas penyusunan KTSP adalah kegiatan yang memang harus dilakukan sebagai bentuk kesiapan madrasah dalam melaksanakan pembelajaran. Adapun beberapa inovasi yang telah dituangkan dalam KTSP ini, maka komite akan mendukung demi suksesnya program. (riz/abi)

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *