Guru MTsN 6 Kulon Progo Terima Buku dari BBY

Kulon Progo (MTsN6KP) – Guru Seni Budaya MTsN 6 Kulon Progo, Drs. Sutanto menerima buku Antologi Macapat “Pageblug” terbitan Balai Budaya Yogyakarta (BBY). Buku  diserahkan oleh Kasubag Urusan Rumahtangga, Dini Citra Hayati di kantornya, Selasa (19/1/2021).

Dini mengharap buku yang ditulis oleh peserta lomba macapat guru 51 SMP/MTs se-DIY bisa menjadi referensi masyarakat dan menjadi saksi sejarah adanya pandemi Covid-19. “Keindahan buku ini terasa bila tak sekedar dibaca, namun dilantunkan dengan tembang sesuai aturan berbagai jenis tembang macapat yang ada,” ungkap Dini.

Sutanto merasa bangga menjadi salah satu penulis dari buku yang tidak diperjualbelikan ini. Awalnya dia ikut lomba menulis macapat agar tulisannya bisa diterbitkan. “Awalnya saya tertarik ikut lomba November 2020 lalu, agar bisa terbit menjadi buku saja. Alhamdulillah bisa masuk 10 besar, dan setelah di tes wawancara bisa tampil sebagai juara 1,” terangnya.

Usai menerima 2 buku dari BBY, Sutanto langsung menyerahkan 1 buah untuk madrasahnya, dan diterima Kepala Perpustakaan Dra. Siti Mahmudati, MA.
“Bukunya cukup bagus, bisa mendukung pembelajaran Bahasa Jawa dan untuk latihan nembang,” ujar Siti. (tan/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *