Pengajian Idul Adha, Kakan Wahib Jamil Sampaikan Dua Hikmah Qurban

Kulon Progo (Kankemenag) – Pada saat Hari Raya Idul Adha, umat Islam diperintahkan untuk melaksanakan ibadah qurban. Setidaknya ada dua hikmah dari pelaksanaan ibadah qurban tersebut. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu dalam Pengajian Idul Adha di SMKN 2 Pengasih, Jum’at (23/7/2021) pagi.

“Ada dua hikmah dalam pelaksanaan ibadah qurban. Yaitu menjadikan kita sebagai insan kamil dan pribadi yang suka berbagi,” ungkapnya.

“Pelaksanaan ibadah qurban, pada hakekatnya tidak hanya menyembelih hewan qurban tersebut. Namun bagaimana kita bisa menyembelih sifat-sifat hewan yang ada pada diri kita. Dengan ibadah qurban kita juga akan menjadi pribadi yang suka menolong dan berbagi. Jika kita menjadi orang yang suka menolong orang lain, maka Allah akan menolong kita dengan cara-Nya sendiri,” terang Jamil.

Lebih lanjut Wahib Jamil menekankan agar selalu menjadi orang yang bahagia. Dengan hati yang bahagia, semua akan terasa ringan. “Apalagi dalam masa pandemi sekarang ini. Semua harus tenang, namun tetap waspada. Karena ketenangan adalah setengan dari obat, dan kepanikan adalah setengah dari penyakit. Semoga Allah segera mengangkat Covid-19 ini dari bumi Nusantara. Sehingga kita dapat kembali beraktivitas dengan normal seperti sediakala,” imbuhnya.

Kakan juga mengingatkan agar dalam beragama tidak selalu merasa benar, apalagi membenturkan perbagai permasalahan dengan agama. “Dalam beragama kita hendaknya berada di tengah-tengah. Artinya kita harus beragama secara moderat,” pinta Kakan.

Pengajian digelar luring di SMKN 2 Pengasih serta diikuti secara daring melalui Zoom Meeting dan youtube oleh semua guru dan siswa sekolah setempat. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *