Audiensi FKUB, Kulon Progo Laboratorium Kerukunan

Audiensi FKUB, Kulon Progo Laboratorium Kerukunan

Kulon Progo (FKUB) – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kulon Progo mengadakan audiensi kepada Pj. Bupati. Pengurus FKUB yang hadir di antaranya perwakilan dari Agama Islam, Katolik, Hindu, dan Budha. Sedang Pendeta Adhika wakil Agama Kristen karena ada kegiatan prosesi pemakaman.  Audiensi diterima Pj. Bupati,  Drs. Tri Saktiyana, M.Si. di Aula Menoreh Pemkab setempat, Senin (18/7/2022) siang.

Ketua FKUB, Agung Mabruri menyampaikan bahwa tujuan audiensi di antaranya taaruf dan silaturrahmi mengenalkan keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama berikut personil dan program kegiatan dari tahun ke tahun kepada dewan penasehat.

Audiensi FKUB, Kulon Progo Laboratorium Kerukunan

“Amanat tugas dan fungsi FKUB sebagai tim penjaga kerukunan berharap Kulon Progo dapat menjadi laboratorium kerukunan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini ditandai dengan terbentuknya Desa Sadar Kerukunan yaitu Kalurahan Giripeni dan Jatimulyo,” papar Agung.

Turut memandu jalannya audiensi Ketua Bakesbangpol Kulon Progo, Budi Hartono juga menyampaikan sinergitas antara Kankemenag, Kesbangpol, dan FKUB yang juga membentuk Forum Pemuda Lintas Agama (FPLA) sebagai pilar dan wadah kerukunan dengan berbagai kegiatan di antaranya kemah pemuda lintas agama maupun sekolah kebangsaan.

Audiensi FKUB, Kulon Progo Laboratorium Kerukunan

Pj. Bupati, Drs. Tri Saktiyana, M Si. menyambut baik kehadiran FKUB. Beberapa tanggapan, arahan, serta apresiasi disampaikan dengan ramah dan familier. “Sejauh ini Kulon Progo relatif masih kental budaya agraris dengan gotong-royong dan kebersamaan. Namun demikian tidak menutup kemungkinan kultur tersebut akan berubah menjadi industrialis aetropolis. Maka perlu kiranya peningkatan religiusitas dan penanaman kembali sikap-sikap moderat agar paguyuban, patembayatan, dan juga nama anak yang berbasis bahasa Jawa tetap menjadi kearifan lokal yang terjaga,” terang Tri.

Audiensi FKUB, Kulon Progo Laboratorium Kerukunan

Lebih lanjut Pj. Bupati memaparkan fenomena alam dan realitas sosial, ekonomi, juga kehidupan beragama yang disampaikan dengan gamblang. Dialog interaktif berlangsung dari semua anggota FKUB.

Di sesi akhir, Sekretaris FKUB yang juga Pengawas Madrasah Kankemenag Kulon Progo menyerahkan karya berupa buku Antologi Cerita Cekak (Cerkak) yang bertajuk Suket Grinting. (izs/abi).

Tetap sehat dan semangat

#LawanCovid-19

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *