“Pitulasan” Di Masjid Al Mukminun sebagai Upaya Pemberdayaan Umat

Kulon Progo (KUA Sentolo) –  Sebagai upaya pemberdayaan umat, maka pengurus takmir Masjid Al Mukminun Salamrejo mengadakan pengajian “Pitulasan” pada Jumat (17/12) di Masjid Al Mukminun. Pengajian diikuti oleh masyarakat sekitar. Pengajian disampaikan oleh Ustadz H. Rohman, S.Ag dengan mengambil tema ciri-ciri orang bersyukur dan bahayanya kufur nikmat.

Takmir Masjid Al Mukminun, Sukirman dalam sambutannya mengatakan ” Pengajian “Pitulasan” merupakan pengajian rutin setiap malam tanggal tujuh belas. Kegiatan ini merupakan upaya pemberdayaan umat Islam berupa tauziah, pemberian santunan untuk anak yatim piatu, dan pemberian modal usaha bagi kaum duafa. Upaya pemberdayaan ini, semoga dapat membantu anak-anak yatim piatu agar tidak terlantar dan mampu meningkatkan taraf ekonomi dan kekuatan kaum duafa untuk hidup lebih berkecukupan”.

Lebih lanjut Sukirman menjelaskan bahwa selain kegiatan pengajian, pengurus Masjid juga mengadakan program “Darurat Beras” dan “Darurat Alat Tulis” bagi siswa. Adapun dana untuk berbagai program di atas berasal dari donatur dan jamaah sekitar masjid.

Sukirman berharap dengan adanya berbagai program tersebut, dapat berfungsi sebagai penyemangat. Tidak hanya itu, upaya menyemangati jamaah juga dengan mengajak jamaah menabung untuk persiapan studi wisata ke Kr Guci setiap tahunnya dan ke Bali. Gerakan menabung ini dilakukan setiap usai jamaah subuh. (cho/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *