MI Attaqwa GUPPI Wojowalur Selenggarakan Pesantren Ramadan Ceria

Kulon Progo (MI Attaqwa) – Lapar karena puasa tidak membuat senyum para siswa hilang dalam menjalani serangkaian Pesantren Ramadan. Agenda tersebut diselenggarakan MI Attaqwa GUPPI Wojowalur Kulon Progo, Rabu (12/4/2023).

Kepala Madrasah, Agus Effendi, S.Ag. menjelaskan bahwa Pesantren Ramadan pada tahun ini sengaja dibuat berbeda dari yang sebelumnya. Karena siswa benar-benar ditanamkan karakter hormat pada orang tua dengan pola asuh mengenal siapa yang paling tua di antara mereka. “Para santri kami coba untuk mengenal temannya dan juga para guru dengan usia masing-masing. Sehingga bisa berlatih cara menghormati yang lebih tua,” katanya.

Siswa kelas 4, Niken mengaku senang mengikuti pesantren Ramadan di madrasah meskipun jadwalnya padat dari pagi sampai malam, karena merasa terhibur dan mendapat ilmu yang baru. “Saya merasa senang mengikuti pesantren malah kalau bisa tiap hari ada kegiatan begini,” ucapnya.

Di tengah kegiatan pesantren berlangsung dibagikan berbagai penghargaan. Di antaranya  piagam dan piala lomba menggambar di tingkat Gugus, dan pemberian obat cacing dari Puskesmas Panjatan. Guru Kelas 2, Trisna Widy yang membagikan obat cacing berpesan agar minumnya nanti setelah berbuka puasa dan jika mengalami mual agar dibawa ke puskesmas. “Minumnya nanti ya setelah berbuka, dan selamat buat para juara, kalian harus bisa menjadi teladan dalam kesuksesan,” pesannya.

Suasana petang tampak semakin ceria ketika kegiatan Bermain Cerita dan Menyanyi (BCM) yang dipandu oleh Ustadz Nurhakim Rohmatulloh, S.Pd.I M.Pd. (Guru Kelas 6), dengan berbagai kreasi lagu dan cerita yang diberikan diselingi lantunan ayat-ayat suci Al Qur’an. Saat berbuka para santri disibukkan dengan berebut kado silang. “Program pesantren memang harus ada hiburan yang bermakna yang biasa dikenal dengan BCM, supaya para santri tidak jenuh dalam menjalani agenda kegiatan selama 24 jam. Sebagai latihan menjadi santri di sebuah Pondok Pesantren di masa mendatang,” tuturnya. (kyt/abi).
Tetap sehat dan semangat
#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *