Pengawas Madrasah Kulon Progo Ikuti Pelatihan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB)

Bantul (Pokjawas) – Pengawas Madrasah se DIY menyelenggarakan  kegiatan IN Madrasah Reform pada  Rabu, (23/8/2023)  yang berlangsung di aula RM. Gubuk Resto Bantul Yogyakarta.

PKB ini diawali dengan rapat koordinasi Pembahasan tentang SILATNAS dan rencana capacity building. Ketua POKJAWASMAD DIY , Drs. H Abdul Hamid Tarwaca, M SI.I menyampaikan pembahasan bidang bidang program kerja Pokja Pengawas yang telah dicanangkan. Tarwaca menuturkan,”Tujuan kegiatan hari ini tiada lain untuk diskusi bersama tentang program, menyatukan langkah kebersamaan dan koordinasi terlebih tetap menguatkan kokompakan sesuai Tupoksi kita, tak lupa selamat datang kepada teman teman pengawas baru, selamat bergabung di Pokjawas, “tutur ketua Pokjawas.

Lebih lanjut pertemuan ini  diawali dengan diskusi dan dialog seputar regulasi dan tupoksi Pengawas yang dipandu langsung oleh Purwata, M. SI bersama  Ali Shofa, S. Sg. M. S. I.

Kegiatan PKB ini dihadiri langsung oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY  H. Abd. Su’ud, S. Ag. M. S. I dan Analis Kepegawaian H. Fahrudin, S. Ag. M. A., motivasi dan penguatan keprofessian berkelanjutan disampaikan oleh kepala bidang, ” Meski kebutuhan jumlah pengawas di DIY belum terpenuhi tetapi alhamdulilah sudah ada tambahan 5 orang pengawas madrasah untuk tahun ini, kegiatan MRE yang didanai World Bank ini hendaknya bisa dilaksanakan secara maksimal dan hasilnya bisa dirasakan pada tahun 2024 dari raport pendidikan juga raport mutu Madrasah, “ujar Abd. Su’ud.

Lebih lanjut Kabid. Pendidikan Madrasah mengajak pengawas selalu bersinergi dengan madrasah dan steak holder untuk meningkatkan kompetensi dan menganalisis hasil AKMI maupun kegiatan Madrasah Education Quality Reform ( MRE) menuju Madrasah Jogja Istimewa.

Materi berikutnya disampaikan Analis Kepegawaian Dikmad Kanwil. Kemenag DIY, H. Fahrudin, S. Ag. M. A., yang menyampaikan tentang Satuan Madrasah Ramah Anak ( SRA), ” Kebijakan Kanwil. Menurutnya Kemenag DIY tentang Madrasah Ramah Anak alhamdulilah semua madrasah di DIY sudah menyiapkan diri dan melaksanakan Deklarasi Ramah AnakAnak. Pada tahun ini tinggal tindak lanjut implementasi SRA ini dan seluruh madrasah untuk menyelenggarakan Bimtek DISPO ( Disiplin. positive) dan ROOTS, kecuali madrasah yang baru lahir pada tahun 2022 dan 2023,” pungkas Fahrudin.
Dialog interaktif menutup kegiatan Pelatihan Pengembangan Keprofessian Berkelanjutan. ( izs/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *