Kankemenag Kulon Progo Terima Studi Tiru Pengelolaan Zakat Wakaf

Kulon Progo (Kankemenag) – Kankemenag Kulon Progo terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Sehingga Kankemenag Kulon Progo selalu berinovasi untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dalam pengelolaan zakat dan wakaf. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu saat menerima Kunjungan Studi Tiru dari Kankemenag Puworejo di Aula Riptaloka kantor setempat, Rabu (27/9/2023) pagi.

“Kami terus berinovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Untuk pelaksanaan dari berbagai program, Kankemenag selalu membangun komunikasi dan sinergi dengan pihak-pihak terkait,” ujarnya.

“Di antara kerjasama hasil komunikasi dan sinergi antara Kankemenag dengan Pemerintah Daerah dan DPRD adalah terbitnya Perda tentang Fasilitasi Pengelolaan Pesantren dan Penyelenggaraan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat. Selain kedua Perda tersebut, kami juga selalu bersinergi untuk mengantisipasi masuknya hal-hal negatif efek dari pembangunan. Hal ini mengingat saat ini Kulon Progo menjadi pintu gerbang masuk ke DIY dengan beroperasinya Yogyakarta International Airport (YIA),” imbuh Kakan.

Sementara untuk pengelolaan zakat dan wakaf Kankemenag Kulon Progo juga mempunyai beberapa program. Sebagaimana dijelaskan oleh Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Haris Widiyanto, S.H. “Kami mempunyai program Gasku Melesat (Gerakan Amal Shalih Kulon Progo Melalui Efektivitas Demi Suksesnya Zakat). Kami terus berupaya mengoptimalkan pengumpulan zakat terutama dari ASN, dan semuanya disetor ke Baznas Kulon Progo. Kemudian kami mengajukan permohonan untuk dapat membantu penasyaraufannya,” terang Haris.

“Selain itu ada program Pena Wasiat. Yaitu Peran dan Pergantian Nazhir Agar Wakaf Semakin Maslahat. Hal ini mengingat saat ini untuk pengelolaan wakaf sudah dilakukan digitalisasi. Sehingga diperlukan nazhir yang memahami Teknologi Informasi, tentu tetap didampingi oleh pengurus senior. Kemudian program Jebol Pagar Lawanku (Jemput Bola Pandu dan Garap Layanan Wakaf Kulon Progo). Hal ini sebagai upaya meningkatkan layanan kepada wakif agar pelayanan wakaf semakin baik, efektif, dan efisien,” pungkasnya.

Sedang Kepala Kankemenag Purworejo, H. Aziz Muslim, M.Pd.I. dalam sambutannya ingin studi terkait implementasi e-AIW (Akta Ikrar Wakaf Elektronik) dan beberapa layanan lainnya. “Kami silaturahmi untuk kaji tiru implementasi e-AIW dan lain-lain. Kami ingin mengetahui strategi-strategi dari Kankemenag Kulon Progo untuk dapat memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat,” ungkapnya.

Hadir dalam kunjungan studi tiru tersebut Kepala Kankemenag Purworejo, Kasubbag TU, Penyelenggara Zakat Wakaf, Pengurus UPZ, dan Dharma Wanita Persatuan. Kunjungan diterima oleh Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. didampingi Kasubbag TU, Penyelenggara Zakat Wakaf, beserta Staf Pelaksana. (abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *