Penyuluh Agama KUA Wates Ajak Kader Kalurahan Triharjo Untuk Menjaga Kesehatan

 Kulon Progo (KUA Wates) – Islam adalah agama rahmatan lil’alamin, dimana Islam membawa banyak maslahat bagi manusia. Islam Mengajarkan dan mengajak umatnya kepada jalan yang benar termasuk dalam gaya hidup, islampun sudah mengatur sedemikian rupa. Mulai dari cara makan, cara tidur dan lain sebagainya. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Penyuluh Agama KUA Wates, Luazizah., S.H.I., saat mengajak para kader untuk menjaga kesehatan sesuai tuntunan Rasulullah SAW dalam acara pertemuan rutin kader pada Selasa (24/10/2023).

Acara dilaksanakan di balai kalurahan setempat yang dihadiri oleh Kamitua Triharjo Sutasdian Windarbo, Puskesmas Wates Suparjono, S. Km., dan dr.Dea, serta seluruh kader Kalurahan di wilayah Triharjo.

Dalam paparannya Luazizah mengatakan bahwa saat ini gaya hidup sehat seakan akan menjadi hal yang tidak terlalu diperhatikan. Bahkan hampir seluruh penyakit berasal dari gaya hidup yang tidak sehat tersebut. “Ada sepuluh cara menjaga kesehatan sesuai tuntunan Rasulullah diantaranya Satu, Tidak makan berlebihan. Rasulullah ketika sudah kenyang makan roti maka tidak makan kurma dan ketika kenyang dengan kurma maka tidak akan makan roti. Kedua, berhenti makan sebelum kenyang. Dalam hadits yang diriwayatkan Muslim, kami adalah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak pernah kenyang. Ketiga yaitu mengatur porsi makan, dalam hadits yang intinya kita dapat mengisi perut kita dengan sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepetiga untuk pernafasan. Keempat, hindari makanan haram (Q.S. Al Maidah:3). Kelima, tidak minum khamr (Q,S, Al Maidah:90-91). Keenam yaitu puasa. Puasa juga menjadi sebuah cara detoks tubuh untuk mengeluarkan berbagai racun, timbunan lemak dan zat merugikan lainnya. Ketujuh, jangan tidur tengkurap. Karena tidur tengkurap merupakan tidurnya syaitan. Kedelapan, tidur miring ke kanan. Jika kalian mendatangi tempat tidur maka wudhulah lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu (H.R. Bukhari Muslim). Kesembilan, Menjaga Kebersihan lingkungan. Kesepuluh, menjaga kebersihan tubuh”, ungkapnya.

Lebih lanjut Luazizah mengajak kepada peserta kader untuk  mempraktikkan cara Rasulullah tersebut. Semoga dengan menjaga kesehatan menjadikan kita dan lingkungan sehat lahir batin dan dapat melakukan aktifitas dengan baik, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, imbuhnya. Selain itu Luazizah juga menyosialisasikan Pelayanan Pendaftaran Haji Keliling (Siskohat Mobile) yang bertujuan untuk mempermudah pelayanan dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sehingga masyarakat yang ingin mendaftarkan haji dapat hadir ke KUA terdekat sesuai jadwal yang ditentukan.

Dalam kesempatan yang sama  Kamitua Sutasdian mengucapkan terima kasih atas ajakan sinergitas dan informasi yang disampaikan pihak KUA Wates semoga kedepannya dalam lintas sektoral ini dapat memberikan wawasan kepada para kader khususnya dan warga Triharjo umumnya.(lua/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *