Penyuluh Agama KUA Pengasih Ajak Sadarkan Masyarakat Pentingnya Doa 

Kulon Progo (KUA Pengasih) – Kaum Rois sebagai salah satu ujung tombak dalam menyampaikan syiar dakwah agama Islam di tiap pedukuhan, memiliki peran yang strategis untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam beragama, demikian di sampaikan Penyuluh Agama KUA Pengasih Agus Prasmono, S.Ag, dalam Pertemuan Kaum Rois se Kalurahan Sidomulyo Kapanewon Pengasih, Ahad (26/11/2023) pagi.

Bertempat di rumah takmir masjid Al Amin dusun Talunombo, Widodo, kegiatan rutin bulanan Kaum Rois ini dihadiri oleh Lurah Sidomulyo, Supriyanto, SP, beserta dukuh Talunombo dan pengurus Kaum Rois, Sunyoto.

”Kesadaran yang perlu ditanamkan pada masyarakat adalah pentingnya berdoa,“ tutur Agus Prasmono. Ia menambahkan dalam hadits nya Nabi SAW bersabda, “Apabila kalian berdoa, hendaknya dia memulai dengan memuji dan mengagungkan Allah, kemudian bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dilanjutkan berdoalah sesuai kehendaknya.” (HR Ahmad). Melalui doa yang dipanjatkan sesuai tuntunan Nabi SAW. diatas maka yakinlah bahwa akan dikabulkan dan hidup masyarakat akan berubah karena terkabulnya doa tersebut.” imbuhnya.

”Memulai doa dengan memuji Allah dapat dilakukan dengan menyebut dan mengamalkan Asmaul Husna, seperti tercantum di dalam Al Quran surat Al A’Raaf : 180, yang artinya,”Allah memiliki Asmaulhusna (nama-nama yang terbaik). Maka, bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut (Asmaulhusna) itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyalahartikan nama-nama-Nya. Mereka kelak akan mendapat balasan atas apa yang telah mereka kerjakan.” tambahnya

”Syiar doa yang di sampaikan oleh kaum rois akan efektif dan dapat diamalkan oleh keluarga muslim untuk memanjatkan doa karena fungsi kaum rois sebagai tokoh agama yang menjadi panutan di masyarakat, “pungkas Agus.

Selanjutnya kegiatan pertemuan juga di isi dengan sambutan dukuh Talunombo dan lurah Sidomulyo, serta bahas rencana pengajian umum dalam rangka hari jadi Kalurahan Sidomulyo. (gus/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *