MTsN 1 Kulon Progo Terima Penghargaan Madrasah Adiwiyata

Kulon Progo (MTsN1KP) – MTsN 1 Kulon Progo menghadiri penyerahan penghargaan Madrasah Adiwiyata Tahun 2023 tingkat Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan berlangsung di aula Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo, Rabu (6/12/2023). Sekolah/madrasah penerima piagam tahun ini sebanyak 11 sekolah/madrasah.

Kabid Dinas Tata Lingkungan DLH Kulon Progo, Tristijanti, S.IP. M.Si. berharap makin banyak sekolah atau madrasah yang menerapkan budaya cinta lingkungan. “Kami ucapkan selamat atas penganugerahan penghargaan sekolah Adiwiyata ini. Kami mengharapkan ke depannya semakin banyak sekolah atau madrasah yang menerapkan budaya cinta lingkungan di sekolahnya masing-masing,” paparnya.

Lebih lanjut disampaikan sekolah/madrasah harus menjadi sarana pembiasaan dan pembentukan karakter anak didik. Sampai tahun 2023 ini sudah sebanyak 72 sekolah yang berstatus sekolah/madrasah Adiwiyata di Kabupaten Kulon Progo pada semua jenjang.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kulon Progo, Arif Prastowo. Ia menyampaikan bahwa sekolah adalah satu-satunya instansi yang tepat dalam menanamkan nilai budaya cinta lingkungan kepada anak didik. Untuk mewujudkan satuan pendidikan yang berbudaya cinta lingkungan perlu dukungan dari berbagai pihak. “Sekolah/madrasah berstatus Adiwiyata banyak tantangannya. Bukan cuma mengajarkan nilai-nilai akademik, tetapi juga budaya atau karakter. Budaya cinta lingkungan akan menjadi karakter bagi seluruh warga sekolah/madrasah,” terangnya.

Penghargaan ini adalah salah satu cara dinas mewujudkan masyarakat berbudaya cinta lingkungan di satuan pendidikan. Ketua Proyek Adiwiyata MTsN 1 Kulon Progo, Winarti, S.Ag. mengungapkan bahwa di samping menerima penghargaan juga diberikan support bagi madrasahnya yang dapat digunakan bagi keberlangsungan kegiatan adiwiyata. “Kami sangat senang dengan pencapaian ini. Semua usaha mewujudkan Madrasah Adiwiyata di MTsN 1 Kulon Progo diapresiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup,” ungkapnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kepala MTsN 1 Kulon Progo, Zainuri. “Selamat, semoga penghargaan ini menjadi penyemangat untuk ke depan lebih fokus membudayakan cinta lingkungan di madrasah,” tutur Kamad. (smd/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *