Jadi Syarat Penerbitan Visa, Jamaah Haji 2024 Kulon Progo Rekam Biometrik

Kulon Progo (Kankemenag) – Jamaah haji Kulon Progo tahun 2024, saat ini tengah melakukan rekam biometrik menggunakan Aplikasi Saudi Visa Bio. Perekaman biometrik tersebut telah berjalan sejak bulan Desember 2023 ini diharapkan sudah selesai hingga Januari 2024. Kepala Seksi PHU (Penyelenggaraan Haji dan Umrah) Kankemenag Kulon Progo, H. Mulyono, S.H.I. M.S.I. menyampaikan hal itu di sela-sela aktivitas pelayanan rekam biometrik di Ruang PLHUT kantor setempat, Jum’at (19/1/2024) pagi

Menurutnya, perekaman biometrik ini sebenarnya bisa dilakukan secara mandiri oleh Jamaah menggunakan Handphone android yang speknya mumpuni. “Tetapi setelah didiskusikan dengan jamaah haji melalui grup WhatsApp, sebagian besar meminta dijadwalkan saja rekam biometriknya di Kankemenag. Karena tidak semua Jamaah haji Kulon Progo memiliki HP yang mumpuni dan paham dengan aplikasi,” ujarnya.

“Penginputan data biometrik ini meliputi pemindaian paspor, wajah, dan 10 sidik jari. Di mana data-data ini nantinya untuk pengusulan pembuatan visa haji 1445 Hijriah,” terang Mulyono.

Lanjutnya, kegiatan pendampingan rekam biometrik tersebut merupakan bagian dari pemberian layanan kepada masyarakat. Jamaah yang belum melakukan perekaman biometriknya via aplikasi Saudi Visa Bio, akan terkonfirmasi pada sistem MoFA saat dilakukan proses Fill Mofa Form atau FMF. “Saat ini sudah hampir selesai untuk Jamaah haji asal Kabupaten Kulon Progo yang melakukan rekam biometrik sekitar 250 orang. Mudah-mudahan ke tahap berikutnya bisa berjalan lancar dan tidak ada halangan apapun,” lanjutnya.

“Alokasi kuota haji yang akan berangkat di tahun 2024 asal Kabupaten Kulon Progo ada 311 orang jamaah haji reguler dan lansia, ditambah cadangan 95 orang. Jika  jamaah nanti dinyatakan isthita’ah kesehatan akan bisa melakukan pelunasan di tahap awal. Progres data isthita’ah jamaah Kulon Progo sampai saat ini telah mencapai lebih dari 50% dari jumlah jamaah haji. Sedang jumlah jamaah yang telah melakukan pelunasan sekitar 75 orang, dan itu akan bertambah terus,” pungkas Mulyono. (tin/abi).

Tetap sehat dan semangat

#No Korupsi

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *