MAN 3 Kulon Progo Gelar Manasik Haji

Kulon Progo (MAN3KP) – Pada Selasa (27/2/2023) pagi MAN 3 Kulon Progo melaksanakan kegiatan praktik keagamaan yakni manasik haji. Kegiatan manasik haji ini merupakan agenda rutin setiap tahunnya. Peserta manasik haji meliputi siswa kelas X dan XII bertempat di Wisata Edukasi Religi Qolbu, Boyolali, Jawa Tengah.

Kegiatan manasik haji ini bertujuan sebagai sarana peningkatan ibadah dan mempraktikan materi pelajaran yang telah diterima dalam pembelajaran Fiqih kelas X dan XII di madrasah.

Kepala MAN 3 Kulon Progo, Syaefulani, S. Ag., M.Pd. dalam kesempatan lain menyampaikan bahwa “Kegiatan manasik ini merupakan pembelajaran untuk anak dan juga bapak, ibu guru, maka niatkanlah dalam hati semoga bisa melaksanakan Ibadah haji suatu saat nanti. Oleh karena itu, ikutilah kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan ikuti semua acara seperti ibadah haji yang sesungguhnya. Semoga kita semua dimampukan oleh Allah untuk bertamu ke rumahNya,” ujarnya.

Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB, berangkat bersama-sama menggunakan 5 bus. Kegiatan ini dilaksanakan dan diamalkan sesuai layaknya pelaksanaan haji, siswa menggunakan gamis putih bagi yang perempuan dan ihram bagi siswa laki-laki.

Muh Hadiyuddin, S. Ag. selaku pendamping rombongan memimpin pembacaan doa sebagaimana pelaksanaan sesungguhnya Ibadah Haji dan Umroh. Sehingga, mereka lebih memahami setiap rukun yang dijalani. (fif/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *