Penyuluh Agama Islam KUA Sentolo Beri Penyuluhan Manasik dan Badal Haji

Kulon Progo (KUA Sentolo) – Penyuluh agama Islam KUA Sentolo, Samsudin lakukan jemput bola adakan penyuluhan haji pada Selasa (06/02/2024) siang di kediaman rumah Ngatiran,yang beralamat di Banjaran, Sukoreno Sentolo.

KUA Sebagai cermin besar Transformasi Layanan Kementerian Agama pada KUA , tidak hanya mengurusi dan memberikan layanan nikah dan rujuk saja, tetapi memiliki sepuluh tugas dan fungsi, salah satu diantaranya adalah layanan bimbingan manasik haji.

Samsudin dalam pendampingan bimbingan haji menjelaskan tentang hal-hal yang perlu di siapkan untuk menjalankan badal haji. Menurut Samsudin, hal yang boleh dibadalhajikan diantaranya: almarhum/almarhumah, sakit parah (uzur syar’i), sepuh atau tua renta. Sedangkan syarat badal haji adalah orang yang membadalhajikan menurut Mazhab Syafi’i dan Hambali adalah orang yang sudah pernah haji terlebih dahulu untuk dirinya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala KUA Sentolo Wildan Isa Anshory SH.I., MH.I memberikan apresiasi kepada penyuluh yang sudah memberikan pemahaman dan penyuluhan bimbingan manasik haji kepada masyarakat. Dengan demikian jamaah akan lebih siap secara mental dan fisik untuk menjalani perjalanan sakral itu. Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan penyuluhan ibadah haji juga sebagai bukti komitmen KUA dalam meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (cho/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *