Rapat Kerja Kankemenag Kulon Progo 2024 : Siap Laksanakan Progam Kementerian Agama

Semarang (Kankemenag KP) – Kantor Kementerian Agama Kulon Progo pada tahun 2024 menggelar Rapat Kerja (Raker) yang berlangsung di Griya Persada Convention Hotel dan Resort Bandungan Semarang selama tiga hari mulai Senin hingga Rabu (26-28/02/2024)mendatang.

Kepala Kankemenag Kulon Progo H.M. Wahib Jamil, S.Ag.,M.Pd dalam sambutannya menyampaikan telah melaksanakan amanat dan progam-program prioritas dari Kementerian Agama. “Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo tentu melaksanakan amanat dengan semaksimal mungkin, ada beberapa strategi yang dilakukan diantaranya senantiasa menggunakan strategi membangun sinergi dan kolaborasi dan ini telah diwujudkan oleh seluruh satuan kerja dan unit kerja yang ada di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten, salah satu contoh pedoman hukum beberapa program program prioritas diantaranya moderasi beragama,” ujarnya dihadapan Kakanwil dan peserta raker.

Lebih lanjut Wahib Jamil menegaskan, jajaran kua senantiasa bersinergi dengan jajaran yang ada di kapanewon, selain itu bagi madrasah berkolaborasi dan bersinergi dengan berbagai pihak termasuk lembaga-lembaga terkait. Kantor Kementerian Agama sendiri selalu berkolaborasi dengan pemerintah daerah, bahkan kita telah mampu untuk mewujudkan satu peraturan daerah terkait dengan penyelenggaraan kerukunan hidup bermasyarakat, “ini merupakan salah satu ikhtiar kita agar program prioritas betul-betul bisa terwujud implementasi di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kulon Progo,”imbuhnya.

“Selain itu kami senantiasa mengedepankan hal-hal yang bersifat esensial artinya segala kebijakan kita ambil  akan betul-betul bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat walaupun tanpa menafikan hal yang bersifat rutin dan mendesak. Kami juga senantiasa memperkuat integritas serta layanan prima dengan berbagai inovasi yang telah di lakukan bersama diantaranya program Sonjoku silaturahmi obrolan antar jejaring informasi keagamaan, Haji siaga Haji sinau agama dan juga tentang penguatan dalam pendidikan karakter. Untuk pendidikan madrasah di Kulon Progo ,ada kegiatan Sapaku Sharing akuntabilitas program dan anggaran Kulon Progo dalam rangka untuk mewujudkan akuntabilitas dan kinerja anggaran. Harapan  ke depan kita terus semakin lebih baik,” tandasnya.

“Dalam rangka pembangunan zona integritas wilayah bebas dari korupsi dan juga menuju wilayah birokrasi bersih melayani Kankemenag Kulon Progo telah mengikuti empat kali penilaian  Kemenpan, akan tetapi masih belum berpihak, sehingga di tahun ini kami harus terus berjuang kembali dan Mohon doanya Semoga di tahun 2024 nanti betul-betul bersama dengan kantor wilayah dan juga Kemenag Kabupaten Sleman kita akan bisa meraih zona integritas wilayah bebas dari korupsi di tahun 2024,” harapnya.

Selanjutnya Wahib Jamil menerangkan bahwa Kulon Progo menjadi pintu masuk Daerah Istimewa Yogyakarta setelah adanya Bandara Yogyakarta International Airport. Kulon Progo menjadi tempat yang strategis dalam pengembangan berbagai hal sehingga menjadi pusat untuk pengembangan berbagai aspek di dalam kegiatan aktivitas masyarakat diantaranya, terkait ekonomi dan bisnis-bisnis baru yang berkembang di Kabupaten Kulon Progo.

Pada aspek pendidikan, keagamaan dan keyakinan yang lain, menuntut kita semuanya agar senantiasa untuk bisa melakukan mitigasi untuk menjaga ketentraman, kedamaian dan keunggulan Kulon Progo tetap terjaga dengan baik. Dengan demikian Kankemenag Kulon Progo mampu berkontribusi untuk mempercepat lajunya pembangunan menjadi daerah yang penuh toleransi yang rukun dan damai.  Progam inovasi tentang transformasi digital yang senantiasa dikembangkan sebagi bahan edukasi dan informasi bagi masyarakat, diwujudkan melalui progam Podcast Reboan.

Kegiatan rapat kerja dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Kepala Kanwil Kemenag DIY Dr.H.Masmin Afif,M.Ag, dan  acara tersebut diikuti  semua jajaran pimpinan dan jabatan fungsional ASN pada satuan kerja dan unit kerja yang berjumlah 62 peserta di lingkungan Kankemenag Kulon Progo. Pada kesempatan rapat kerja kali ini Kantor Kementerian Agama Kab. Kulon Progo bersiap untuk memaksimalkan berbagai program dari Kementerian Agama RI.  (dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *