MAN 2 Kulon Progo Gelar Bimtek Penerapan Metode dan Media Pembelajaran Inovatif 

Kulon Progo ( MAN 2 KP) – MAN 2 Kulon Progo menyelenggarakan (Bimbingan Teknis) Bimtek Penerapan Metode dan Media Pembelajaran Inovatif  yang berlangsung di Theater Room Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan pada Selasa,(05/03/2024) pagi.

Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh 63 guru dari MAN 2 Kulon Progo dan bertujuan sebagai tindak lanjut hasil supervisi guru tahun 2023. Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, dalam sambutannya menyatakan perlunya penyegaran mengenai pembelajaran aktif dan inovatif karena para siswa  berbeda-beda dalam cara dan kemampuan dalam menangkap materi pelajaran yang berbeda.

Hartiningsih, M.Pd menyampaikan bahwa para guru perlu menemukan metode pembelajaran yang aktif dan inovatif, terutama dalam menyampaikan materi pelajaran secara efektif, dan melakukan evaluasi untuk mengukur ketersampaian materi yang diajarkan. Ia juga menekankan pentingnya variasi metode dan pendekatan dalam pembelajaran untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan menarik bagi siswa.

Pemateri pertama, Kalimah, S.Ag, MA, Pengawas Madrasah Kantor Kemenag Kulon Progo, membahas manfaat metode pembelajaran inovatif. Kalimah menyoroti model-model seperti Cooperative Learning, Inquiry Based Learning, Flip Classroom, dan Blended Learning yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa, memfasilitasi pemahaman yang lebih dalam, serta mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif.

Narasumber kedua, Drs. Sudarmadi, M. Pd. Si, Pengawas SMA/SMK Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kulon Progo, lebih fokus pada aspek media belajar. Menurutnya penggunaan media dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa, serta memungkinkan guru untuk menyampaikan materi dengan lebih variatif dan menarik. Dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat, guru dapat memaksimalkan potensi siswa dalam memahami dan mengaplikasikan materi pelajaran secara efektif. (sug/dpj)

5 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *