Safari Kapanewon Pengasih, Kepala KUA Pengasih Ungkap Keistimewaan Ramadhan

Kulon Progo (KUA Pengasih) – Setiap yang beriman pada Allah SWT. diwajibkan untuk melaksanakan shaum/puasa di bulan Ramadhan, seperti tercantum dalam Al Quran surat Al Baqarah (2) : 183, artinya “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”,demikian di sampaikan oleh Yusma Alam Rangga H, S.H.I, M.S.I, Kepala KUA Pengasih, saat memberi tausiah kegiatan Safari Ramadhan Tingkat Kapanewon Pengasih, Kamis (14/03/2024) malam.

Lebih lanjut Rangga menyampaikan lima keistimewaan bulan Ramadhan.
“Ramadhan bulan mulia. Ada lima keistimewaannya. Pertama. Bulan Ramadhan diwajib berpuasa yang pahalanya dari Allah langsung. Kedua. Ramadhan bulan dilipatgandakannya amal. Dalam hadits Rosulullah SAW bersabda, yang artinya “Barang siapa pada bulan ini mendekatkan diri (kepada Allah) dengan satu kebaikan, ia seolah-olah mengerjakan satu ibadah wajib pada bulan yang lain. Barang siapa mengerjakan satu perbuatan wajib, ia seolah-olah mengerjakan 70 kewajiban di bulan yang lain.” ungkap Rangga.

“Walau demikian masih banyak kaum muslimin yang belum tertarik untuk beribadah di bulan mulia ini, karena wujud pahalanya tidak terlihat langsung. Jika di beri beras 1 kg setiap ibadah maka banyak yang tertarik,” sambung Rangga.

“Lalu yang ketiga adalah bulan Rahmat. Hampir semua penuh masjidnya. Keempat ada malam Lailatul Qadar sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan atau 83 tahun. Kelima Bulan tarbiyah atau pendidikan. Hampir tiap pagi ada ceramah untuk menambah ilmu bagi jamaah agar tercapai derajat taqwa”, pungkasnya.

Kegiatan safari taraweh dihadiri oleh 100 jamaah, yang terdiri dari Forkompimkap, perangkat desa, pengurus takmir, Baznas Kulon Progo serta warga sekitar, di awali dengan sambutan Plt. Panewu Pengasih, Triyanto Raharjo,S.Sos, M.Si, yang menyampaikan informasi tentang informasi progam pemerintahan setempat. Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan. (gus/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *