Safari Ramadhan Perdana, Kakan: Luruskan Niat dan Penuh Cinta Kasih

Kulon Progo (Kankemenag KP) – Kantor Kementerian Agama Kulon Progo bersama Pemkab dan Baznas Kulon Progo, menggelar Safari Ramadan. Safari Ramadhan Selanjutnya akan berlangsung  sebanyak 14 kali dibulan ramadhan. Adapun  lokasi yang akan dikunjungi dalam safari ramadhan yaitu masjid-masjid di wilayah Kulon Progo. Safari Perdana dilaksanakan di Gedung DPRD Kulon Progo pada Rabu (13/03/2024). Dalam Safari Ramadhan perdana kali ini, Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., memberikan ceramah dan memimpin sholat tarawih di Gedung DPRD Kulon Progo.

Dalam ceramahnya Wahib Jamil menyampaikan bahwa, kita menjalani bulan ramadhan sudah berpuluh-puluh tahun, akan tetapi mungkin blm mendapatkan sesuatu yg berarti dalam bulan ramadhan tersebut. Orang menjalani puasa hanya sebatas ritual keagamaan saja tetapi belum mendapatkan esensi dari sebuah ibadah dibulan ramadhan. ”Mari bersama-sama kita luruskan niat untuk menjalani bulan ramadhan selama  satu bulan kedepan dengan sepenuh hati dan keikhlasan. innamal a’malu binniyat, sesungguhnya segala perbuatan itu tergantung pada niatnya bisa kita maknai bahwa sesungguhnya kesempurnaan amal ibadah tergantung pada niatnya,” tutur Kepala Kantor.

”Seorang manusia tidak sepantasnya menuntut imbalan dari Allah SWT atas amal perbuatan yang telah ia lakukan, karena sesungguhnya kita belum berbuat apa-apa. Segala sesuatu yang kita lakukan, ibadah sekalipun yang kita lakukan, kita bisa menjalankan sholat, puasa, zakat, sedekah melainkan atas izin dan kehendak Allah SWT,” tambah Jamil.

Begitu juga ketika menjadi pelayan masyarakat untuk seorang ASN atau pimpinan harus meluruskan niat. Niatkan segala sesuatu yang dilakukan adalah ibadah, luruskan niat apa yang kita lakukan adalah kehendak ijin Allah SWT. Dengan demikian segala langkah yang kita ambil didalam melayanai masayarakat akan bernilai ibadah. ”Dengan niat yang lurus maka akan mencegah kita untuk melakukan tindakan tindakan buruk yang merugikan negara dan rakyat. Semoga kita selalu dihindarkan dan dijaukan dari perbuatan buruk,”terangnya.

”Selain itu mari kita tingkatkan literasi keagamaan, dan menerapkan prinsip-prinsip moderasi beragama dalam kehidupan bermasyarakat. Mari bersama-sama mewujudkan masyarakat Kulon Progo yang aman, tentram, damai, menjujung tinggi toleransi dan menghargai perbedaan. Mari kita kembangkan cara pandang beragama yang dilandaskan pada cinta dan kasih sayang pada sesama,”pungkas Jamil.

Dalam Safari Ramadhan perdana, kali ini dihadiri oleh Pj. Bupati Kulon Progo, Ni Made Dwipanti Indrayanti, ST, MT., Kapolres Kulon Progo, AKBP Nunuk Setiyowati, Dandim 0731/Kulon Progo Letkol Arh Viki Herwandi, S.Sos., Ketua Baznas Kulon Progo., H. Alfanuha Yushida MP.Mat, dan unsur Forkopimda Kulon Progo. (don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *