TOM’S #3: Try Out Mandaku Success ke-3 Berhasil Digelar oleh OSIS Madrasah

Kulon Progo (MAN 2 KP) – Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 2 Kulon Progo sukses menyelenggarakan Try Out Mandaku Success ke-3 (TOM’S #3), sebuah even try out untuk pelajar SMP/MTs sederajat se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah. Dengan tema “Brace Your Mind for an Incredible Life”, even ini digelar secara offline di Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo di Jalan Pahlawan Panjatan serta di depan Stadion Cangkring pada Sabtu, 9 Maret 2024.

Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd, memberikan apresiasi kepada para pengurus OSIS MAN 2 Kulon Progo atas keberhasilannya menyelenggarakan even tersebut. Ia mengatakan bahwa even ini tidak hanya membantu para siswa SMP/MTs dalam mempersiapkan diri menghadapi Assessment Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) tahun 2024, tetapi juga memberi kesempatan kepada pengurus OSIS untuk belajar berorganisasi.

ASPD merupakan instrumen pengukur yang digunakan untuk melihat kemampuan akademis peserta didik di tingkat akhir SD/MI/Sederajat dan SMP/MTs/Sederajat yang dibuat oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY. Pengukuran tersebut dilakukan secara akademis dengan materi meliputi Literasi Membaca, Literasi Numerasi, dan Literasi Sains.

Ketua OSIS MAN 2 Kulon Progo, Shilham Taqiyuddin Yahya, mengungkapkan bahwa pendaftaran peserta dilaksanakan secara online melalui link https://linktr.ee/TOMS2024 dari tanggal 19 Februari hingga 7 Maret 2024. TOM’S #3 diikuti oleh para pelajar SMP/MTs di DIY dan Jawa Tengah.

“Tujuan penyelenggaraan TOM’S #3 adalah untuk membantu dan juga berpartisipasi dalam memberikan wadah bagi kelas 9 SMP MTs se DIY dan Jawa tengah untuk mempersiapkan ujian-ujian terutama ASPD. dan juga bisa sekaligus memperkenalkan MAN 2 Kulon progo kepada para siswa SMP/MTs dan masyarakat luas,” ungkap Shilham.

Shilham juga menyampaikan banyak manfaat yang ia dan teman-temannya peroleh dari even tersebut, di ataranya, ia dapat melatih dan mengasah kemampuan pengurus organisasi dalam menyelenggarakan even berskala besar, dan membangun kemitraan dengan pihak dil luar madrasah.

Even ini berhasil dilaksanakan dengan baik. Peringkat 1 diraih oleh Annisa Kayla Hayatunnur, siswa dari SMP 4 Pakem Sleman, Peringkat 2, Bianco Hardyatmaja, siswa SMPN 1 Galur, dan Peringkat 3, Muh. Azzam Nabil Sirajuddin, dari SMPN 1 Galur. Para pemenang diberikan sertifikat dan uang pembinaan sebagai penghargaan atas prestasi yang diraih.

Even TOM’S #3 berhasil menciptakan suasana kompetitif yang sehat dan memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi para peserta, sementara itu juga menjadi wadah bagi pengurus OSIS MAN 2 Kulon Progo untuk mengasah kemampuan dalam mengorganisasi sebuah even besar. Semoga keberhasilan ini dapat menjadi motivasi bagi pelajar untuk terus berprestasi dalam dunia pendidikan. (sug/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *