KUA Nanggulan Ajak Kaum Rois dalam Penguatan Keluarga dan Kesehatan Masyarakat

Kulon Progo (KUA Nanggulan) – Kaum Rois memiliki peran yang sangat penting dan strategis, terutama dalam bidang kerukunan umat beragama di lapisan terbawah masyarakat. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kepala KUA Nanggulan, Jemino SHI., saat memberikan pembinaan Kaum Rois Kapanewon setempat, Kamis (25/04/2024) di Masjid Al-Istiqomah Plugon, Donomulyo Nanggulan. Pertemuan tersebut sekaligus Syawalan Halal Bihalal yang dihadiri oleh Kaum Rois se-Kapanewon  bersama Kamituwo Kalurahan Banyuroto dan Kalurahan Donomulyo, Kepala KUA, dan Penyuluh Agama.

“Kaum Rois itu selain sebagai tokoh sentral dalam membina masyarakat di desa, juga memiliki posisi strategis sebagai pembantu pemerintah desa dalam penguatan keluarga dan kesehatan masyarakat,” tegas Jemino.

Selanjutnta Kepala KUA menekankan bahwa salah satu tugas kautm rois adalah memberikan pendampingan kepada calon pengantin yang hendak melakukan pernikahan. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya masalah sosial seperti perceraian, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), perkawinan usia dini, kehamilan di luar nikah, serta berbagai upaya pencegahan masalah sosial dan rumah tangga lainnya di desa. “Jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sebelum ataupun setelah pernikahan, maka penting untuk pendampingan secara langsung yang dilakukan oleh kaum Rois, dari urusan administrasi pendaftaran nikah, menyiapkan saksi dan wali nikah, hingga berlangsungnya prosesi ijab dan qabul,” imbuhnya.

Acara tersebut ditutup dengan Ikrar Syawalan oleh Kyai Nuryadi, Penyuluh Agama KUA Nanggulan, di mana semua peserta dengan khidmat bersama-sama merenungkan makna yang disampaikan. Peran kaum rois bukan hanya sebagai pemimpin agama, tetapi juga sebagai garda terdepan dalam menjaga keharmonisan dan keberlangsungan masyarakat desa. Semoga pembinaan dan dukungan terus mengalir untuk memperkuat peran mereka dalam membangun masyarakat yang lebih baik dan harmonis. (rif/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *