MTsN 3 Kulon Progo Terima dan Tasyarufkan Zakat Fitrah

Kulon Progo (MTsN3KP) – MTsN 3 Kulon Progo menerima dan menasyarufkan zakat fitrah yang berasal dari siswa, guru, karyawan madrasah. Hal ini disampaikan ketua panitia zakat, Drs. Sukarlan di sela-sela kesibukannya menasyarufkan zakat Rabu (03/04/2024) siang.

“Panitia zakat fitrah menghimpun zakat fitrah berupa beras dengan jumlah total 717 Kg. Selanjutnya Zakat fitrah ini ditasyarufkan kepada 206 mustahiq zakat yang masing-masing mendapatkan 3,4 Kg beras. Adapun mustahiqnya adalah siswa kurang mampu, yatim piatu dan kaum dhuafa yang tinggal di sekitar madrasah,” terang Sukarlan.

Sementara itu, Rini Dwi Hastuti, S.Pd.T selaku koordinator keagamaan menjelaskan tentang proses penerimaan zakat dan penasyarufannya. “Guru, karyawan dan siswa mengumpulkan zakat ke panitia mulai tanggal 25 maret sampai tanggal 2 april 2024. Kemudian pada tanggal 2 april dilaksanakan ikrar zakat kolektif di mushola madrasah yang diterima langsung ketua panitia zakat,” tandas Rini.

Selanjutnya Kepala Madrasah, Munji Jakfar, S.Pd.I, M.Pd.I mengungkapkan tujuan pengumpulan zakat ini. “Madrasah menghimbau siswa agar membayar zakat di madrasah dengan tujuan untuk melatih siswa-siswi untuk berbagi dan peduli terhadap sesama, selain itu juga mematuhi perintah agama yaitu rukun islam yang ke tiga,” ungkap Munji.

“Panitia zakat terdiri dari guru, karyawan dan siswa. Sehingga kegiatan ini selain untuk melatih siswa berbagi juga sebagai ajang siswa berlatih menjadi amil,” tambahnya.

Faizun Khoirul Huda, siswa kelas VII B menyampaikan perasaannya setelah menyelesaikan tugasnya sebagai panitia zakat. “Alhamdulillah saya berkesempatan menjadi panitia zakat, meskipun capek tetapi senang karena dapat pengalaman menjadi amil,” kata Faizun. (aan/ami/don)

3 replies
  1. Manggih Trirahayu
    Manggih Trirahayu says:

    Semoga menjadi pengalaman yang bermanfaat yang nantinya bisa diterapkan dalam kehidupan di masyarakat..aamiin

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *