Pesantren Ramadan MTsN 6 Kulon Progo Tasyarufkan Zakat Fitrah dan Santunan

Kulon Progo (MTsN 6 KP) – Tutup kegiatan Pesantran Ramadan, MTsN 6 Kulon Progo kembali Tasyarufkan zakat fitrah dan santunan untuk membantu siswa dan masyarakat yang membutuhkan, Jum’at 05/04/2024 bertempat di masjid madrasah Nurul Huda. Program ini telah menjadi bagian integral dari kegiatan pesantren Ramadan di MTsN 6 Kulon Progo.

Pada bulan suci Ramadan tahun 1445 H ini, MTsN 6 Kulon Progo menerima 406 paket zakat yang berasal dari siswa, bapak ibu guru, dan pegawai MTsN 6 Kulon Progo. 406 paket zakat fitrah tersebutkan kemudian ditasyarufkan ke 98 siswa, dengan setiap siswa menerima tiga paket zakat fitrah, 9 GTT/PTT menerima empat paket zakat fitrah dan 76 paket zakat untuk masyarakat sekitar MTsN 6 Kulon Progo. Selain pentasyarufan zakat fitrah, MTsN 6 Kulon Progo juga mentsyarufkan santunan yang diperuntukan untuk yatim, piatu dan dhuafa dari kalangan siswa yang bersumber dari bapak/ibu guru dan pegawai sebanyak 22 paket santunan. Hal ini disampaikan oleh Kepala MTsN 6 Kulon Progo, H. Riza Faozi, S. Ag., M.S.I. pada saat memberikan sambutan penutup Pesantren Ramadan.

Riza Faozi, menjelaskan bahwa tujuan dari program ini adalah untuk membantu siswa dan masyarakat yang kurang mampu merayakan Ramadan dengan lebih bermakna. “Ramadan adalah bulan penuh berkah dan ampunan. Kami ingin memastikan bahwa semua orang dapat merasakan sukacita Ramadan, terutama mereka yang kurang beruntung,” ungkap Riza dengan penuh semangat.

“Membayar zakat fitrah dan menyantuni anak yatim merupakan bagian dari ajaran agama kita. Ini adalah wujud nyata dari rasa solidaritas dan kepedulian sosial,” tambah Riza.

Wakil Kepala Madrasah bidang hubungan masyarakat, bapak Isnandar, S.Th.I. sekaligus ketua panitia Pesantren Ramadan MTsN 6 Kulon progo menyampaikan; “Zakat fitrah yang terkumpul dari siswa, bapak ibu guru dan pegawai akan ditasyarufkan kepada siswa-siswi yang membutuhkan dan masyarakat sekitar lingkungan madrasah. Selain itu, madrasah juga mentyarufkan santunan kepada anak-anak yatim dan dhuafa untuk membantu memenuhi kebutuhan pendidikan dan hidup mereka,” papar Isnandar.

Pesantren MTsN 6 Kulon Progo juga memberikan donasi kepada korban gempa Tuban, Gresik dan sekitarnya melalui Peduli Gempa Tuban, Gresik dan sekitarnya sebesar Rp. 3.170.000.00 yang disalurkan melalui Gerakan Pramuka Kwartir Kulon Progo.

Pentsyrufan zakat fitrah mendapat sambutan positif masyarakat sekitar, banyak yang antusias terhadap kegiatan program ini sebagai bagian dari ibadah dan kepedulian sosial. Dengan semangat kebersamaan dan kerjasama, Pesantren MTsN 6 Kulon Progo berharap dapat memberikan manfaat yang besar bagi siswa dan masyarakat sekitar madrasah yang membutuhkan selama bulan Ramadan ini. (nhc/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *