Mujahadah MTsN 4 Kulon Progo bersama Orang Tua Siswa dan Tokoh Masyarakat

Kulon Progo (MTsN 4 Kulon Progo) – Akhiri berbagai kegiatan ramadan 1445 Hijriyah sekaligus dalam rangka penguatan siswa kelas IX, MTsN 4 Kulon Progo selenggarakan mujahadah dan buka bersama, Kamis petang (4/4/2024). Mujahadah tersebut diikuti oleh guru pegawai, siswa kelas IX, orang tua siswa kelas IX, komite, dan tokoh masyarakat di sekitar madrasah. Hadir mengisi mujahadah Kiai Sarija SM dan Kiai Sunan.

Kepala madrasah Nurhayanti, S.Pd. M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada panitia yang telah menyiapkan acara mujahadah tersebut.
Ia juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran komite dan tokoh masyarakat dalam acara mujahadah. “Mujahadah bersama ini merupakan sarana untuk memohon kepada Allah SWT semoga MTsN 4 Kulon Progo baik siswa, guru, pegawai, dan semua elemen yang ada di dalamnya diberikan lindungan oleh Allah SWT. Diberikan berkah dan manfaat dalam proses pendidikan dan dimudahkan para siswa dalam menuntut ilmu,” tutur Nurhayanti.

Kiai Sarija SM yang merupakan tokoh masyarakat dan alumni MTsN 4 Kulon Progo dalam pengantar mujahadah menyampaikan doa dan harapannya. “Semoga siswa kelas IX diberikan kelancaran kemudahan dalam mengikuti ujian akhir. Dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tercapai cita-cita dan mendapatkan ilmu yang berkah,” ungkapnya. Ia pun memimpin pembukaan mujahadah dengan fidyah alfatihah serta pembacaan salawat munjiyat/salawat tunjina.

Sementara itu inti mujahadah dipimpin oleh Kiai Sunan dengan memperbanyak dzikir, salawat, dan istighfar. Dalam acara mujahadah tampak semua elemen melaksanakan dengan hikmat, termasuk para sesepuh yang diundang. Ditambah dengan kehadiran orang tua siswa, suasana jelang buka puasa 1445 hijriyah yang tinggal menghitung hari tersebut membangun spirit yang diharapkan dapat menjadi bekal bagi para siswa kelas IX dan seluruh warga madrasah umumnya.

Usai mujahadah dilanjutkan dengan buka bersama dan salat magrib berjamaah. Diharapkan dengan acara tersebut selain meningkatkan kesiapan siswa kelas IX dalam menempuh ujian akhir juga menjadi sarana merekatkan sinergi antara madrasah, orang tua, dan masyarakat sekitar. (siw/don)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *