Penyuluh Agama Islam Wates Lakukan Penguatan pemberdayaan Ekonomi UMKM 

Kulon Progo (KUA Wates) – Penyuluh Agama Islam KUA Wates bergerak cepat menyukseskan cepat program prioritas pemerintah yang dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2024. Salah satu Upaya tersebut adalah senantiasa memberikan layanan penguatan dan pemberdayan ekonomi UMKM melalui layanan Sertifikasi Halal yang dilakukan oleh Muklisin Purnomo pada UMKM yang bergerak di bidang usaha minuman Kesehatan dengan merek dagang Sukacita di daerah Kulon Progo pada Sabtu (27/04/2024) pagi.

UMKM yang mendapat layanan pendampingan sertifikasi halal adalah usaha minuman olahan yang dijalankan oleh Arif Saefudin, warga Tempel Bumirejo Lendah Kulon Progo. Usaha ini perlu mendapat support, karena mampu memanfaatkan limbah kopi menjadi produk yang bermanfaat. Produk ini merupakan minuman fermentasi kulit kopi Arabica petik merah dari Gunung Sindoro, yang diproses secara cermat dalam batch kecil dengan bahan-baku terbaik. Minuman ini bermanfaat bagi kebaikan kulit dan pencernaan.

“Usaha ini disamping mampu memberikan membantu meningkatkan perekonomian Masyarakat juga bisa sebagai bentuk pelestarian lingkungan, karena mampu mengubah limbah sebagai berkah,” ujar Muklisin

Proses sertfikasi halal pada makanan diharapkan mampu menjaga keberlangsungan UMKM ke depan. Adanya label halal dapat menambah rasa kepercayaan dari konsumen terutama yang beragama Islam.

Respons positif juga ditunjukkan oleh Arif Saefudin yang merasa telah dibantu ia berharap label halal yang akan didapat nantinya menjadi pembeda yang signifikan di antara produk-produk sejenis. Ini bukan hanya tentang memenuhi persyaratan pasar, tetapi juga tentang memberikan nilai tambah kepada konsumen yang semakin memperhatikan aspek kehalalan dalam pembelian mereka.(muk/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *