Guru dan Siswa Mansaku Sukseskan Festival Literasi Kabupaten Kulon Progo

Kulon Progo (MAN 1 KP) – Guru MAN 1 Kulon Progo (Mansaku) sukseskan Festival Literasi Kulon Progo tahun 2024 yang dilaksanakan pada Senin (20/05/2024) di Gedung Pusat Pembelajaran Terpadu Kampus Pusat MAN 2 Kulon Progo, Jalan Pahlawan, Panjatan, Wates, Kulon Progo. Pucak acara Festival Literasi yang digagas Komunitas Yuk Menulis (KYM) tersebut diikuti oleh 64 instansi peserta Festival di semua jenjang (SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA), Dimas Diajeng Kulon Progo, Tokoh Baik Kulon Progo, Pengawas Kemenag maupun Dikpora, serta sekitar 250 Kepala Sekolah/Pegiat Literasi yang mengikuti Pelaksanaan Festival di MAN 2 Kulon Progo tersebut.

Nur Hidayati selaku Ketua Tim menyampaikan bahwa kegiatan Puncak Festival Literasi Kabupaten Kulon Progo tahun 2024 meliputi Peluncuran Buku Pesona Pena Kulon Progo (Jilid 1-37) dan Jejak-jejak Perubahan Negeri (Jilid 1-23), Penganugerahan Juara Festival (Penulisan Puisi dan Kisah Inspiratif) serta Workshop Menulis di Media Massa dengan narasumber Drs. Sutanto.

“Alhamdulillah dan terima kasih saya sampaikan kepada founder KYM, Vitriya Mardiyati, semua tokoh, peserta, dan tamu undangan. Semoga Festival ini dapat menjadi motivasi dan berkah untuk semuanya. Amin,” harap Nur selaku Ketua Tim Festival Literasi dan Duta Literasi Kulon Progo.

Tidak hanya itu, setelah peluncuran buku diadakan Pengukuhan Duta Literasi Kulonprogo, yakni Nur Hidayati, S.Pd.I. dan Tim Festival Kulon Progo Tahun 2024.
Harmiyati selaku anggota tim menyampaikan bahwa Tokoh Baik yang hadir yaitu Kadin Dikpora Kulon Progo sekaligus mewakili Pj. Bupati Kulon Progo, Nur Wahyudi, M.M., Kepala Kantor Kemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag., M.Pd., Kepala Balai Dikmen Kulon Progo, Heru Santoso, S.Pd. M.Eng., Kadin Kebudayaan, Drs. Eka Pranyata, Pengawas Kemenag Kulon Progo, Barokatussolihah, S.Ag., M.S.I., dan Diajeng Kulon Progo, Tri Wahyuni, S.S..

Dalam sambutannya, Nur Wahyudi menyampaikan terima kasih dan dukungan atas penyelenggaraan Festival Literasi yang digagas oleh Komunitas Yuk Menulis (KYM). “Melalui penyelenggaraan Festival ini diharapkan dapat membantu meningkatkan minat baca dan budaya literasi di kalangan pemuda Kulon Progo,” tuturnya.

Selanjutnya pada kesempatan sebelumnya, Pranata Humas Kankemenag Kulon Progo, Dian Purnama Jati, S.E., M.M. menambahkan bahwa penyelenggaraan Festival tersebut bersamaan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional, menjadikannya momentum penting dalam peningkatan literasi bagi masyarakat dan warga Kulon Progo.
“Literasi tidak hanya penting dalam dunia pendidikan, tetapi juga agama, ekonomi, dan Budaya,” ungkapnya.

Sementara itu ditemui di sela-sela kesibukannya, Kepala MAN 1 Kulon Progo, Drs. Muhammad Wahdan Zani merasa bersyukur karena enam Guru MAN 1 Kulon Progo ikut menyukseskan Festival Literasi Kabupaten. “Alhamdulillah ada enam Guru yang ikut menyukseskan kegiatan Festival Literasi yang dilaksanakan kemarin,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wahdan menjelaskan bahwa enam Guru MAN 1 Kulon Progo yang ikut menyukseskan kegiatan tersebut yaitu Nur Hidayati, S.Pd.I. (Guru Matematika sekaligus Ketua Tim Festival Literasi), Harmiyati, S.Pd., M.Sc. (Guru Geografi/Anggota Tim), Angga Dwi Kurnianto, S.Pd. (Guru Sosiologi/Anggota Tim), Nur Wijayanti, S.Pd., M.Hum. (Guru Bahasa Arab/Anggota Tim), Vera Veronica, S.Pd. (Guru Penjasorkes/Anggota Tim/MC), Iwan Budi Cahyono, M.Pd. (Guru Bahasa Indonesia/Waka Kurikulum), Agung Budiaji, S.IP. (Tim Dokumentasi dan Publikasi), serta dua siswa Keterampilan Multimedia, Zaenal Luqman Wijaya dan Celvin Adi Saputra yang tergabung dalam Tim Dokumentasi.

Wahdan juga mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada kesempatan tersebut. “Kegiatan Festival Literasi ini sangat penting untuk guru dan siswa untuk mengembangkan minat dalam berkarya dan menyalakan literasi di madrasah,” pungkasnya. (nhd/dpj)

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *