Hadiri MTQ DIY Kakan Wahib Jamil: Wujudkan Masyarakat Cinta Al Qur’an

Kulon Progo (Kankemenag) – Kafilah dari Kabupaten dan Kota se-DIY mengikuti gelaran Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi. MTQ tersebut diharapkan menjadi sarana mewujudkan masyarakat cinta Al Qur’an untuk bangsa yang bermartabat di bumi Nusantara. Kepala Kankemenag Kulon Progo, H.M. Wahib Jamil, S.Ag. M.Pd. menyampaikan hal itu di sela-sela menghadiri Pembukaan MTQ tingkat DIY yang berlangsung di Komplek Gedung Taman Budaya Kulon Progo, Sabtu (4/5/2024) pagi.

“Pagi ini kita menggelar MTQ tingkat DIY. Gelaran ini diikuti oleh kafilah dari masing-masing kabupaten/kota se-DIY. Dengan MTQ ini diharapkan menjadi sarana mewujudkan masyarakat cinta Al Qur’an untuk bangsa yang bermartabat di bumi Nusantara,” ujarnya.

“Dengan gelaran ini diharapkan umat muslim dapat semakin mencintai Al Qur’an. Yaitu dengan semakin rajin membaca, menghafal, mempelajari, memahami isi kandungan Al Qur’an, dan mengamalkan ajarannya dalam kehidupan sehari-hari. MTQ ini diharapkan juga sebagai ajang silaturahmi untuk memperkuat ukhuwah Islamiah,” imbuh Kakan.

“Di samping itu MTQ ini juga menjadi ajang membangun karakter kebangsaan. Dengan komitmen kebangsaan, rasa toleransi, anti kekerasan, serta adaptif terhadap budaya dan tradisi akan tercipta moderasi beragama. Dengan moderasi beragama akan terjalin kerukunan hidup umat beragama,” pungkas Jamil.

Gelaran MTQ ini terselenggara berkat kerjasama Pemda, LPTQ, Kemenag, dan Baznas baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota se-DIY. (abi).

#KementerianSemuaAgama
#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *