Jelang ASPD-BK, MIN 1 Kulon Progo Gelar Mujahadah dan Doa Bersama

Kulon Progo (MIN1KP) – Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah Berbasis Komputer (ASPD-BK) tingkat SD/MI akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 20 sampai dengan 22 Mei 2024. Sebagai salah satu usaha untuk menanamkan kesiapan secara mental bagi para siswa dalam menghadapi ASPD-BK tersebut, MIN 1 kulon Progo menggelar mujahadah dan doa bersama. Mujahadah dan doa bersama diikuti oleh semua siswa kelas VI dan wali murid serta guru karyawan MIN 1 Kulon Progo bertempat di ruang kelas 1 acara digelar Kamis (16/5/2024).

Kepala MIN 1 Kulon Progo Kasmad Rifangi, S.Pd.I. M.Pd.I. menjelaskan bahwa acara mujahadah dan doa bersama digelar sebagai ikhtiar batin. Harapannya agar seluruh siswa kelas enam diberikan kemudahan dan kelancaran dalam mengikuti ujian ASPD-BK.

“Acara mujahadah dan doa bersama ini digelar sebagai salah satu ikhtiar batin. Hal ini agar seluruh siswa kelas enam diberikan kemudahan dan kelancaran serta nilai yang maksimal saat mengerjakan serangkaian ujian yang akan dilaksanakan tanggal 20 sampai 22 Mei 2024,” jelasnya.

Lebih lanjut Kasmad memberikan motivasi kepada seluruh siswa kelas VI MIN 1 Kulon Progo untuk selalu jujur dalam mengerjakan ujian. “Jika kalian menganggap ASPD-BK sebagai peperangan, maka banyak persiapan yang dilakukan, termasuk cara curang. Namun, jika kalian menganggap ASPD-BK sebagai sebuah kesempatan baik, maka kalian akan mempersiapkannya dengan baik dengan selalu istiqomah dalam belajar dan berdoa,” lanjutnya.

Mujahadah dan doa bersama dipimpin oleh Kyai Muhammad Rofiq dari Jurangkah, Dadirejo, Purworejo, Jawa Tengah. Dalam kesempatan tersebut Rofiq mengatakan bahwa mujahadah dan doa bersama adalah salah satu usaha untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.  “Mujahadah dan doa bersama ini dilaksanakan sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam menjalani kehidupan itu tidak hanya butuh usaha keras. Sebagai manusia harus berusaha secara lahiriah dan batiniah,” ungkap Rofiq.

Sementara itu salah satu siswa kelas VI MIN 1 kulon Progo, Alya Hanafi mengaku terharu karena bisa secara bersama-sama memanjatkan doa kepada Allah SWT. “Semoga semua siswa kelas VI MIN 1 Kulon Progo mendapatkan nilai yang terbaik dan memuaskan. Kegiatan ini menjadi penyemangat untuk terus belajar serta istiqamah dalam beribadah dan berdoa,” tuturnya. (cha/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *