KUA Sentolo Rancang Sosialisasi Ukur Arah Kiblat

Kulon Progo ( KUA Sentolo) – Kepala KUA Sentolo, Wildan Isa Anshory .S.H.I.M.H dalam rapat koordinasi jajaran pegawai KUA Sentolo, khususnya penyuluh berencana merancang sosialisasi ukur Arah kiblat ke masjid – masjid secara langsung dan melalui media sosial diwilayah Sentolo. Acara berlangsung di KUA setempat pada Senin (20/5/2024).

Menurut Wildan, ukur arah kiblat sebagai upaya menindaklanjuti Surat Edaran Direktur Jendral Bimas Islam Kementerian Agama RI No.B-498/Dt III.I/HK.032/04/2024, tentang Hari Sejuta Kiblat. Kegiatan akan dilakukan serentak diseluruh Indonesia bagian barat secara serentak pada tanggal 27 Mei 2024 mendatang.

Menurut Wildan, pada tanggal itu posisi matahari melintasi tepat di atas Ka’bah, sehingga umat Islam dapat melakukan pengukuran arah kiblat masjid, musholla, surau dan tempat salat di rumah secara mandiri pada pukul 16.18 WIB.

Ketua Pokjaluh, Rohman,SAg mengatakan bahwa saat ini masyarakat sudah mulai memahami pentingnya kalibrasi arah kiblat. Hal ini terlihat dari animo masyarakat dalam permintaan pengukuran arah kiblat yang semakin meningkat.

Dalam waktu yang sama Samsudin S.Ag juga menjelaskan cara ukur arah kiblat yaitu dengan menggunakan Aplikasi smartphone, kompas, menggunakan matahari, dan qibla finder.

Lebih lanjut Samsudin menerangkan cara menggunakan dengan matahari yakni berpatokan kepada bayang-banyang yang dihasilkan matahari pada peristiwa yang di kenal istilah Istiwa a’dham/rashdul qiblat. “Saat rashdul qiblat berlangsung, posisi matahari tepat di atas Ka’bah sehingga seluruh bayangan benda tegak lurus akan mengarah ke arah Baitullah,” jelasnya..

Menurutnya “Rashdul Qiblat hanya terjadi dua kali dalam setahun yaitu pada tanggal 28 Mei ( atau 27 Mei ditahun kabisat) sekitar pukul 16.18 WIB  dan tanggal 16 Juli ( atau 15 Juli di tahun kabisat) sekitar pukul 16.27 WIB.Jam-jam tersebut merupakan waktu dhuhur untuk kota Makkah,” pungkasnya. (cho/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *