Kepala MandaKu Hadiri Rapat Koordinasi KKMA Plus Keterampilan Nasional di Jakarta

Jakarta (MAN 2 KP) – Kepala MAN 2 Kulon Progo, Hartiningsih, M.Pd., menghadiri Rapat Koordinasi Pengurus KKMA Plus Keterampilan Nasional yang diselenggarakan di Hotel Fave Jakarta, Rabu – Sabtu, (16–18/05/2024). Rapat Koordinasi tersebut mengambil tema “Sukseskan Rapat Kerja Kepala MA plus Keterampilan dan Expo VII Nasional di Kalimantan Tengah Tahun 2024″.

Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama, serta Direktur KSKK, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, dan Kasubdit Kurikukum dan Kesiswaan. Kegiatan tersebut membahas Persiapan Ekspo KKMA Plus Keterampilan yang akan diselenggarakan di Kalimantan Tengah, tepatnya di MAN 1 Kotawaringin Kalteng.

Hartiningsih, selaku Ketua 2 KKMA Plus Keterampilan, menyampaikan bahwa kegiatan ini lebih difokuskan pada persiapan Ekspo KKMA Plus Keterampilan. “Setiap Tahun KKMA Plus Keterampilan menyelenggarakan kegiatan ekspo yang diikuti oleh MA plus Keterampilan seluruh Indonesia. Tahun 2024 ini adalah Expo yang ke 7,” ujar Hartiningsih.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menunjukkan produk unggulan dari siswa MA plus Keterampilan dan untuk uji kompetensi melalui berbagai lomba yang diselenggarakan dalam event tersebut. MAN 2 Kulon Progo selalu mengikuti kegiatan ini dan pada tahun 2023, MANDAKU (sebutan kebanggaan MAN 2 Kulon Progo) berhasil meraih 5 penghargaan.

Hartiningsih berharap pada tahun 2024 ini, MAN 2 Kulon Progo bisa membawa prestasi lebih banyak lagi. Hartiningsih juga menyampaikan bahwa pada tahun 2024 kegiatan EXPO berbeda dengan tahun sebelumnya, baik macam lombanya maupun besarnya event yang digelar.

MAN 1 Kota Waringin sebagai tuan rumah menyiapkan diri sangat matang, tidak hanya melibatkan instansi atau satuan kerja di lingkungan Kemenag tapi juga Pemerintah Daerah Kalimantan Tengah. Dukungan yang luar biasa juga didapatkan dari pemda setempat, dunia usaha, dan dunia industri di Kalimantan Tengah.

KKMA Plus Keterampilan adalah organisasi yang mewadahi Madrasah Aliyah (MA) Plus Keterampilan di seluruh Indonesia. KKMA Plus Keterampilan memiliki beberapa program kerja, salah satunya adalah penyelenggaraan Ekspo KKMA Plus Keterampilan yang diadakan setiap tahun.

Ekspo KKMA Plus Keterampilan merupakan ajang bagi para siswa MA Plus Keterampilan untuk menunjukkan hasil karya dan prestasi mereka. Dalam event ini, diadakan berbagai lomba, seperti lomba keterampilan, lomba seni, dan lomba sains.

MAN 2 Kulon Progo adalah salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. MAN 2 Kulon Progo dikenal sebagai salah satu sekolah berprestasi di Kulon Progo.

Pada tahun 2023, MAN 2 Kulon Progo berhasil meraih 5 penghargaan dalam Ekspo KKMA Plus Keterampilan. Prestasi ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi para guru dan siswa MAN 2 Kulon Progo.

Kelima penghargaan tersebut adalah:

  1. Juara 1 Lomba Expo Karya Siswa Madrasah Aliyah plus Keterampilan Kategori Peyanan/Service.
  2. Juara 1 Lomba Video Profil Madrasah Aliyah Keterampilan Kategori Sinematografi atas Najib El-Mubarok,
  3. Juara 2 Coding Mission Robotik antar Siswa Kategori Best Stability atas nama Arsa Wafi Mahardika.
  4. Juara 3 Lomba Tata Busana Guru Kategori Desain Busana Pesta yang diraih oleh RR Dwi Kurniati, S.Pd.
  5. Juara 3 Lomba Desain Grafis Siswa Kategori Pembuatan Poster Expo Madrasah yang diraih oleh Firman Najib El-Mubarok. (sug/dpj)
1 reply
  1. Rini Dwi Hastuti
    Rini Dwi Hastuti says:

    Subhanallah selamat untuk kinerja semua guru yang membanggakan dunia akhirat….. bahagia dengan keikhlasan dan kesabaran dalam pembinaan aneka macam karakteristik peserta didik…maju disemua minat bakat siswa… bravo Mandaku…

    Balas

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *