Pengawas Madrasah, Abdul Hamid Tarwaca: Tingkatkan Kompetensi untuk Kemajuan Guru

Kulon Progo (MIN2KP) – Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kankemenag Kulon Progo, Drs. Abdul Hamid Tarwaca, M.S.I. melaksanakan monitoring Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah Berbasis Komputer (ASPDBK). Selain itu Pengawas juga memberikan pembinaan terhadap guru di MIN 2 Kulon Progo. Hal tersebut disampaikan Kepala MIN 2  Kulon Progo, Hartati, S.Pd.I, M.Pd. di madrasah setempat, Senin (20/5/2024) siang.

“Pembinaan pengawas rutin dilaksanakan di MIN 2 Kulon Progo. Kebetulan juga pelaksanaan ASPDBK utama. Pada pembinaan tersebut di sampaikan kompetensi guru harus selalu ditingkatkan. Kompetensi guru merupakan kemampuan guru untuk melakukan tugas dan kewajibannya dengan layak dan tanggung jawab,”papar Hartati

Pengawas Madrasah menyampaikan ada empat hal  kompetensi guru. “Yang pertama, kompetensi Pedagogik yakni kemampuan guru dalam memahami peserta didik, perancangan, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Diharapkan guru bisa memahami peserta didik apa yang menjadi permasalahan mereka. Kedua kompetensi kepribadian yakni kemampuan guru yang mencerminkan kepribadian yang dewasa, arif, wibawa, memiliki akhlak yang mulia sehingga menjadi teladan bagi peserta didik,” terangnya.

“Ketiga kompetensi sosial yakni kemampuan yang dimiliki guru untuk berkomunikasi dengan orang lain, baik itu peserta didik, guru dan masyarakat. Keempat kompetensi profesional yakni guru diharapkan memiliki penguasaan terhadap materi pembelajaran yang lebih luas dan mendalam,” imbuh Tarwaca.

Salah satu guru MIN 2 Kulon Progo, Sudarman, S.Pd.I. M.Pd. merasa senang mendapat pembinaan dari pengawas. “ Saya senang pengawas bisa hadir diMIN 2 Kulon Progo dan memberikan pembinaan secara langsung. Hal itu sebagai pengingat dan motivasi kepada guru untuk meningkatkan kompetensi diri supaya lebih baik,” tandas Sudarman. (dan/abi).

#KementerianSemuaAgama

#MakinDigitalMenjangkauUmat

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *