Penyuluh Agama KUA Galur Berikan Pendampingan Ketahanan Keluarga 

Kulon Progo (KUA Galur) – Penyuluh Agama Islam KUA Kapanewon Galur, Burhanul Fahruda, S.Ag., melaksanakan kegiatan pendampingan kepada Keluarga Penerima Manfaat di Nepi Kranggan, Galur pada Jum’at  (17/05/2024) bersama Pendamping PKH setempat, Yunanti.

Dalam kesempatan tersebut, Burhanul Fahruda menyampaikan materi tentang pengutan terhadap ketahanan keluarga. Ia menjelaskan bahwa keluarga yang tahan banting merupakan pondasi penting bagi masyarakat yang sejahtera. Keluarga yang kuat mampu menghadapi berbagai tantangan dan permasalahan yang muncul dalam kehidupan.

Menurut Burhanul Fahruda, terdapat lima tingkatan ketahanan dalam keluarga yakni pertama. Adanya sikap saling melayani sebagai tanda kemuliaan. Suami dan istri hendaknya saling membantu dan meringankan beban satu sama lain.

Kedua, Adanya keakraban antara suami dan istri menuju kualitas perkawinan yang baik. Pasangan suami istri perlu membangun komunikasi yang terbuka dan saling menghargai.

Ketiga, Adanya orang tua yang mengajar dan melatih anak-anaknya dengan berbagai tantangan kreatif, pelatihan yang konsisten, dan mengembangkan keterampilan. Orang tua memiliki peran penting dalam mendidik dan membimbing anak-anaknya.

Keempat, Adanya suami dan istri yang memimpin seluruh anggota keluarganya dengan penuh kasih sayang. Kepemimpinan yang bijak dan penuh kasih sayang dari orang tua akan menciptakan suasana keluarga yang harmonis.

Kelima, Adanya anak-anak yang menaati dan menghormati orang tuanya. Anak-anak yang patuh dan hormat kepada orang tua akan menjadi kebahagiaan bagi keluarga.

Kepala KUA Galur, H. Afwan Zuhdi, S.Ag, M.A., mengapresiasi kegiatan pendampingan ini dan melihatnya sebagai bentuk sinergitas kerjasama yang baik antara KUA dan PKH dalam membantu keluarga penerima manfaat. Ia berharap kegiatan ini dapat membantu Keluarga Penerima Manfaat dalam membangun keluarga yang lebih kuat dan tangguh.

Kegiatan pendampingan ini merupakan salah satu upaya KUA Galur untuk meningkatkan kualitas kehidupan keluarga di wilayahnya. KUA Galur berkomitmen untuk terus memberikan layanan dan pendampingan kepada masyarakat, khususnya bagi Keluarga Penerima Manfaat. (rny/dpj)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *